DEKONSTRUKSI KONSEP WARGA NEGARA IDEAL DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN DASAR: KAJIAN KRITIS BERBASIS TEORI KEWARGAAN

Authors

  • Glen Awe Program Srudi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,Universitas Nusa Cendana
  • Maimunah Faizah Rahma Atulolon Universitas Nusa Cendana
  • Elisabeth Rari Basa Universitas Nusa Cendana
  • Katarina Deran Kia Nimunuho Universitas Nusa Cendana
  • Fadil Mas'ud Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36772

Keywords:

Merdeka Curriculum, Pendidikan Dasar, Warga Negara Ideal

Abstract

Studi ini menganalisis bagaimana konsep warga negara ideal dibangun dalam Kurikulum Merdeka pada jenjang pendidikan dasar dan mengkaji faktor-faktor kelembagaan yang memengaruhi implementasi nilai-nilai kewarganegaraan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila (PPKn). Kurikulum Merdeka menekankan enam dimensi Profil Siswa Pancasila sebagai landasan pembentukan karakter dan kompetensi siswa; namun, studi terbaru menunjukkan bahwa dimensi-dimensi ini mencerminkan konstruksi hibrida yang menggabungkan nilai-nilai Pancasila kolektivis, kompetensi individu abad ke-21, dan prinsip-prinsip kewarganegaraan demokratis. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan, studi ini mengkaji dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, literatur akademis terkini dari dekade terakhir, dan kerangka kerja teoretis kewarganegaraan republik, liberal, dan demokratis. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa representasi warga negara ideal dalam kurikulum bersifat multidimensi tetapi berpotensi ambigu ketika guru tidak memiliki pemahaman teoretis dan pedagogis yang memadai. Lebih lanjut, efektivitas implementasi nilai-nilai kewarganegaraan sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru, ketersediaan sumber daya sekolah, dan budaya kelembagaan. Sekolah dengan budaya demokratis dan dukungan memadai lebih mampu memfasilitasi pembelajaran kewarganegaraan yang reflektif dan kolaboratif dibandingkan sekolah dengan pola pengajaran tradisional. Studi ini menyimpulkan bahwa membentuk warga negara yang ideal tidak hanya membutuhkan kurikulum yang dirancang dengan baik, tetapi juga ekosistem pendidikan yang secara konsisten mendukung internalisasi nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar. Temuan ini menawarkan wawasan bagi para pembuat kebijakan, pengembang kurikulum, dan pendidik dalam memperkuat pendidikan kewarganegaraan di era Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Banks, J. A. 2017. Diversity and citizenship education: Global perspectives. Jossey-Bass.

Zed, M. 2014. Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

artikel Jurnal:

Chaeratunnisa, E., dan H. Pujiastuti. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran di Sekolah Dasar.” PEDAGOGY: Jurnal Pendidikan Dasar 11(2):156–68.

Gurion, M. 2024. “Implementasi nilai Pancasila dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar pada era Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 12(1):45–59.

Junita, E., I. Hasanah, dan S. Syahrial. 2024. “Analisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 106162 Medan Estate.” Elementary School Journal (ESJ) 4(1):22–33.

Karimah, V. H., S. Santosa, dan A. Y. Putra. 2023. “Pendidikan kewarganegaraan dalam Kurikulum Merdeka untuk membangun masyarakat madani di sekolah dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2):145–58.

Prabaningrum, W. F., dan L. C. Sayekti. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar tahun ajaran 2022/2023.” Journal of Elementary Education 4(2):98–110.

Priatmoko, S. 2014. “Budaya sekolah dan efektivitas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada jenjang sekolah dasar.” Jurnal Kependidikan Dasar Indonesia 8(2):101–15.

Pusat Asesmen Pendidikan. 2023. Asesmen Nasional. Pusat Asesmen Pendidikan. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/.

Somantri, M. N. 2021. “Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pembentukan karakter bangsa.” Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia 7(1):1–12.

Syifa, N., dan A. Alfirdaus. 2024. “Tantangan implementasi pendidikan kewargaan dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar.” Jurnal Civic Education Research 5(1):12–25.

Wahyudi, A. 2021. “Pendidikan karakter dan kompetensi abad 21 dalam konteks Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia 9(3):233–47.

Westheimer, J., dan J. Kahne. 2004. “What kind of citizen? The politics of educating for democracy.” American Educational Research Journal, 41(2):237–69.

Zed, M. 2014. Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Dokumen Resmi Pemerintah / Kebijakan Pendidikan:

Kemendikbudristek. 2022. Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/.

Kemendikbudristek. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/.

Downloads

Published

2025-12-12

Most read articles by the same author(s)