Transformasi Pembelajaran PPKn di Era Digital: Strategi Menanamkan Nilai Pancasila pada Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36342Keywords:
Nilai Pancasila, pembelajaran digital, PPKnAbstract
Penelitian ini mengkaji transformasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di era digital dengan fokus pada strategi penanaman nilai-nilai Pancasila secara efektif pada peserta didik sekolah dasar. Perkembangan teknologi digital menghadirkan tantangan seperti ketimpangan akses digital, keterbatasan kompetensi guru digital, paparan misinformasi dan konten negatif, serta meningkatnya distraksi digital pada anak. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah berbagai buku, jurnal ilmiah, dan publikasi akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berbasis etika Pancasila, penerapan blended learning, penggunaan media naratif digital seperti e-storybook dan podcast, serta pemanfaatan game edukasi bernilai dapat memperkuat internalisasi nilai-nilai Pancasila. Selain itu, kolaborasi lintas sektor penting untuk membangun etika kewargaan digital dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman moral di ruang virtual. Secara keseluruhan, transformasi pembelajaran digital PPKn merupakan langkah strategi untuk membentuk peserta didik yang berkarakter Pancasila, beretika digital, dan mampu menjadi warga negara yang bertanggung jawab di era globalisasi digital.
Downloads
References
Armianti, Riska, Sri Yunita, and Surya Dharma. 2024. “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(02):782–92. doi:10.47709/educendikia.v4i02.4838.
Azzahra, Dinda, Rocky Arfan, Isnarmi Moeis, Junaidi Indrawadi, and Surya Dharma. 2023. “Pancasila And Citizenship Education E-Module Teaching Materials Using Google Classroom for Improving the Quality of Learning.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 6(1):64–72. doi:10.23887/jp2.v6i1.56048.
Bungin, Burhan. 2015. “Metode Penelitian Sosial Dan Ekonomi.” 1–335.
Dzulfian Syafrian, dkk. 2025. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Sustainability (Switzerland) 11(1):1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Hidayat, Mupid, Rama Wijaya Abdul Rozak, Kama Abdul Hakam, Maulia Depriya Kembara, and Muhamad Parhan. 2022. “Character Education in Indonesia: How Is It Internalized and Implemented in Virtual Learning?” Cakrawala Pendidikan 41(1):186–98. doi:10.21831/cp.v41i1.45920.
Mahardhani, Ardhana Januar, and Muhamad Abdul Roziq Asrori. 2023. “Internalization of Pancasila Student Profile Values Based on Digital Citizenship as Preparation for Industry 4.0 and Implementation of Independent Learning Policy.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 15(2):2395–2404. doi:10.35445/alishlah.v15i2.2871.
Mas’ud, Fadil, and Anif Istianah. 2025. “Ekosistem Digital Dan Narasi Kebangsaan: Relevansi Pancasila Sebagai Penuntun Etika Publik Virtual.” Haumeni Journal of Education 5(1):18–26. doi:10.35508/haumeni.v5i1.21505.
Milya Sari. Asmendri. 2020. “NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science [Diakses 11 Juli 2022] 6(1):52.
Munir, Syahrul, Agung Haryono, Yohanes Hadi Soesilo, and Umi Masruro. 2024. “Internalization of Pancasila Values in High School Economic Learning in the Digital Era.” KnE Social Sciences 2024:252–65. doi:10.18502/kss.v9i21.16688.
Nugraha, Ikhsan Arief, Asep Deni Normansyah, and Cahyono. 2024. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn).” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 5(1):1–11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















