PENGEMBANGAN ETIKA SISWA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • yohana krisona Universitas Nusa Cendana
  • Febiana Elisabet Mase Universitas Nusa Cendana
  • Nelson Alberto Selan Universitas Nusa Cendana
  • Maria Indrawati Sanan Universitas Nusa Cendana
  • Felisia Atriliani Imung Universitas Nusa Cendana
  • Fadil Mas'ud Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37080

Keywords:

Pendidikan karakter, Etika siswa, Tanggung jawab

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya strategis untuk membentuk etika siswa dengan menanamkan nilai-nilai moral seperti tanggung jawab, kejujuran, dan empati, serta membekali mereka dengan keterampilan berpikir moral yang matang dan mandiri. Tujuannya adalah potensi afektif siswa sebagai individu yang berkembang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bermoral dan bertanggung jawab sebagai warga negara yang peduli terhadap masyarakat dan lingkungan. Studi literatur ini mengkaji karakter peran pendidikan dalam membentuk etika siswa, faktor pendukung seperti teladan guru, budaya sekolah yang positif, dan kolaborasi dengan keluarga, serta tantangan yang dihadapi, termasuk pengaruh negatif media digital dan ketidaksistenan program. Dengan pendekatan holistik dan integratif, karakter pendidikan dapat membentuk siswa yang berintegritas dan mampu bertindak etis dalam kehidupan sehari-hari serta menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeng Lau, A. C., Keraf, H. T. V., Nomeni, N., Meo, M., Tes, S. H., & Mas’ud, F. (2025). Peran Etika dalam Pembentukan Karakter Moral Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 305. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i3.296

Anwar, S. (2019). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 145–158. https://doi.org/.%2520https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25670

astriya, M. (2023). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i1.2309

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2020). Fostering Moral Development in Schools. Springer, 10–15. https://doi.org/10.1007/978-3-030-59632-6_2

Ence, E., Mas’ud, F., Tonis, M., Payong, E. W., Openg, W. F. K., & Laga, O. E. (2025). Membangun Karakter Moral Melalui Pendidikan Etika Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2, 305. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i2.291

Fitriana, D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dan Tantangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 233–245. https://doi.org/10.31004/jip.v5i3.1802

Gunawan, H. (2021). Pendidikan Karakter: Hakikat, Urgensi, dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Atlantis Press, 85–92. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.016

Hanifa, M., Nugroho, S., & Nuriafuri, L. (2024). Iklim Sekolah dan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.51760

Kamaruddin, I., Zulham, Z., & Utama, F. (2023). ). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial dan Moral Siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 853–868. https://doi.org/10.51278/aj.v5i3.853

Lickona, T. (2019). Educating for Character. How our schools can Teach Respect and Responsibility. Routledge.

Munit, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154

Nana, K. R., Mas’ud, F., Gemian, S. B., Sanung, F., Keba, A. D., & Jelita, M. T. (2025). Etika Media Sosial dan Implikasinya bagi Individu dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2, 291–292. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i3.295

Purwati, S. (2021). Pengaruh Media Digital terhadap Perkembangan Moral Anak dan Remaja. EduCons Journal, 5(2), 134–148. https://doi.org/.%2520https://doi.org/10.30598/edcons.v5i2.1123

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, M., & Hariyanto, H. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Atlantis Press., 60–70. https://doi.org/10.2991/icesre-18.2019.3

setiyawan, D. (2019). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 101–115. https://doi.org/10.17509/jpd.v8i2.15204

Susanto, E. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 22–34. https://doi.org/10.24036/jip.v7i1.11122

Downloads

Published

2025-12-23

Most read articles by the same author(s)