PENGEMBANGAN ETIKA SISWA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37080Keywords:
Pendidikan karakter, Etika siswa, Tanggung jawabAbstract
Pendidikan karakter merupakan upaya strategis untuk membentuk etika siswa dengan menanamkan nilai-nilai moral seperti tanggung jawab, kejujuran, dan empati, serta membekali mereka dengan keterampilan berpikir moral yang matang dan mandiri. Tujuannya adalah potensi afektif siswa sebagai individu yang berkembang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bermoral dan bertanggung jawab sebagai warga negara yang peduli terhadap masyarakat dan lingkungan. Studi literatur ini mengkaji karakter peran pendidikan dalam membentuk etika siswa, faktor pendukung seperti teladan guru, budaya sekolah yang positif, dan kolaborasi dengan keluarga, serta tantangan yang dihadapi, termasuk pengaruh negatif media digital dan ketidaksistenan program. Dengan pendekatan holistik dan integratif, karakter pendidikan dapat membentuk siswa yang berintegritas dan mampu bertindak etis dalam kehidupan sehari-hari serta menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.
Downloads
References
Aeng Lau, A. C., Keraf, H. T. V., Nomeni, N., Meo, M., Tes, S. H., & Mas’ud, F. (2025). Peran Etika dalam Pembentukan Karakter Moral Generasi Muda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 305. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i3.296
Anwar, S. (2019). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 145–158. https://doi.org/.%2520https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25670
astriya, M. (2023). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i1.2309
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2020). Fostering Moral Development in Schools. Springer, 10–15. https://doi.org/10.1007/978-3-030-59632-6_2
Ence, E., Mas’ud, F., Tonis, M., Payong, E. W., Openg, W. F. K., & Laga, O. E. (2025). Membangun Karakter Moral Melalui Pendidikan Etika Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2, 305. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i2.291
Fitriana, D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dan Tantangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 233–245. https://doi.org/10.31004/jip.v5i3.1802
Gunawan, H. (2021). Pendidikan Karakter: Hakikat, Urgensi, dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Atlantis Press, 85–92. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.016
Hanifa, M., Nugroho, S., & Nuriafuri, L. (2024). Iklim Sekolah dan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.51760
Kamaruddin, I., Zulham, Z., & Utama, F. (2023). ). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial dan Moral Siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 853–868. https://doi.org/10.51278/aj.v5i3.853
Lickona, T. (2019). Educating for Character. How our schools can Teach Respect and Responsibility. Routledge.
Munit, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154
Nana, K. R., Mas’ud, F., Gemian, S. B., Sanung, F., Keba, A. D., & Jelita, M. T. (2025). Etika Media Sosial dan Implikasinya bagi Individu dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2, 291–292. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i3.295
Purwati, S. (2021). Pengaruh Media Digital terhadap Perkembangan Moral Anak dan Remaja. EduCons Journal, 5(2), 134–148. https://doi.org/.%2520https://doi.org/10.30598/edcons.v5i2.1123
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, M., & Hariyanto, H. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Atlantis Press., 60–70. https://doi.org/10.2991/icesre-18.2019.3
setiyawan, D. (2019). Peran Keluarga dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 101–115. https://doi.org/10.17509/jpd.v8i2.15204
Susanto, E. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 22–34. https://doi.org/10.24036/jip.v7i1.11122
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















