Analisis Problematika Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36497Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran berdiferensiasi, Problematika Implementasi.Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan ciri utama Kurikulum Merdeka yang menuntut guru menyesuaikan pembelajaran dengan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik. Namun, implementasinya di sekolah dasar masih menghadapi berbagai problematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dialami guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi melalui kajian literatur terhadap lima artikel yang relevan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik literature review melalui proses penelusuran, seleksi, dan analisis tematik literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa problematika utama muncul pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen, seperti kesulitan memetakan kebutuhan belajar siswa, keterbatasan pemahaman mengenai diferensiasi, kurangnya variasi media pembelajaran, pengelolaan kelas heterogen, serta keterbatasan waktu. Solusi yang direkomendasikan meliputi pelatihan dan pendampingan guru, kolaborasi penyusunan perangkat ajar, penyediaan media interaktif, serta peningkatan asesmen diagnostik. Kajian ini menegaskan bahwa dukungan kompetensi dan sarana memadai diperlukan agar pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan secara efektif dalam Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-980.
Azizah, M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2023,). Analisis kesulitan guru sekolah dasar dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, pp. 199-208).
Creswell, J. W. (2018). Research Desain Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Elviya, D. D. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8).
Khoeriyah, A. F., & Umami, M. (2025). Problematika Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 219-232.
Lukitoaji, Beni, Dwi., Mahilda, Dea, Komalasari. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(1). 21-26.
Manik, H., Sihite, A. C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048.
Muliani, R. (2022). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips Dan Trik Untuk Guru. 1–14.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, November). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Rohmad, R., Suntana, I., & Fani, M. N. A. (2024). Kurikulum Merdeka: Idealitas dan Realitas. CV Rizquna.
Sari, F. I., Sunendar, D., &Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 146–151
Setiowati, R. N., Mahfud, H., Surya, A., & Riyadi. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang balok dan kubus di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(4), 281–286.
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis pembelajaran IPAS dengan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113.
Yunike, S., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Kompasiana, 7(2, November), 69–71.
Zaroh, N. A., Cahyanto, B., & Dina, L. N. A. B. (2025). Problematika Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 65-74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















