PERAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Hamna Universitas Madako Tolitoli
  • Muh. Khaerul Ummah BK Universitas Madako Tolitoli
  • Marshanda Intan Handayani Universitas Madako Tolitoli
  • Saskia Amalia Universitas Madako Tolitoli
  • Adrizkal Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36532

Keywords:

outdoor learning, berpikir kritis, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan outdoor learning dalam pembelajaran IPA serta kontribusinya terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan model sekuensial eksplanatori yang memadukan analisis kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Data kuantitatif dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar IPA, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan wawancara dengan guru serta siswa untuk memahami proses perkembangan kemampuan berpikir kritis selama kegiatan luar ruangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 67 menjadi 80 setelah penerapan outdoor learning. Siswa tampak lebih antusias, aktif, dan menunjukkan kemampuan observasi, interpretasi, dan analisis yang lebih baik terhadap fenomena ilmiah di lapangan. Data observasi menunjukkan perkembangan yang jelas pada aspek berpikir kritis, sementara wawancara mengonfirmasi bahwa pembelajaran luar ruangan membuat konsep IPA lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Temuan ini menegaskan bahwa outdoor learning berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pengalaman belajar autentik dan kontekstual. Penelitian ini mengimplikasikan perlunya guru mengintegrasikan aktivitas luar ruangan sebagai bagian dari strategi pembelajaran IPA yang mendorong keterampilan berpikir tingkat tinggi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Tri, Nike Anggraini, and Khoiron Nazip. 2025. “The Influence of Outdoor-Based Discovery Learning Model on Critical Thinking Skill in Ecosystem Material.” Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) 11(1):136–44. doi: 10.22219/jpbi.v11i1.35867.

Alfiyani, Nur. 2021. “PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD MATERI PROFESI DAN PEKERJAAN Nur.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(1):167–86. doi: 10.23969/jp.v10i01.22686.

Anjarwani, Ratih, Mukh Doyin, and Bambang Indiatmoko. 2020. “Guided Inquiry Learning with Outdoor Activities Setting to Improve Critical Thinking Ability and Science Process Skills of Elementary School Students.” Journal of Primary Education 9(2):129–35. doi: 10.15294 /jpe.v9i2.36178.

Aprilia, Ela, M. Taheri Akbar, and Arief Kuswidyanarko. 2025. “Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 23 Gelumbang.” Jurnal Binagogik 12(1):100–109.

Astutik, S., I. K. Mahardika, Supeno, Indrawati, and F. Sugianto. 2020. “Development of Reqol (Real Quest Outdoor Learning) Learning Model to Improve Critical Thinking Skills (Criticall Thinking Skill) in Physics Education.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 485(1). doi: 10.1088/1755-1315/485/1/012111.

Irsan, Irsan. 2021. “Implemensi Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5631–39. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1682.

Jupriyanto, Jupriyanto, Sari Yustiana, Yunita Sari, and Erista Indah Pratiwi. 2023. “The Effect of Environmental Approach on Critical Thinking Ability in Elementary School Students’ Science Content.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(1):61–71. doi:10.30659/pendas.10.1.61-71.

Karyadi, B., A. Ruyani, and H. Johan. 2018. “Impact of Outdoor Learning by Step Introduction, Exploration, and Interpretation (IEI) Based on Environment on Students’ Critical Thinking.” P. 52036 in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1116. IOP Publishing.

Khurma, Othman Abu, and Farah El Zein. 2024. “Inquiry Skills Teaching and Its Relationship with UAE Secondary School Students’ Critical Thinking: Systematic Review of Science Teachers’ Perspectives.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 20(2):em2397.

Kusuma, Endra, Arri Handayani, and Dini Rakhmawati. 2024. “Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur.” Jurnal Wawasan Pendidikan 4(2):369–79. doi: 10.26877/jwp.v4i2.17971.

LAILI, NUR, and YULI. 2024. “Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar.”

Ma, Xin, Yin Zhang, and Xingkai Luo. 2023. “Students’ and Teachers’ Critical Thinking in Science Education: Are They Related to Each Other and with Physics Achievement?” Research in Science & Technological Education 41(2):734–58.

Manassero-Mas, María Antonia, and Ángel Vázquez-Alonso. 2022. “An Empirical Analysis of the Relationship between Nature of Science and Critical Thinking through Science Definitions and Thinking Skills.” SN Social Sciences 2(12):270.

Martasari, Nurita, Supeno, and Sri Wahyuni. 2025. “Outdoor Problem-Based Learning; Enhancing Critical Thinking with Real World Experiential in Science Learning.” Jurnal Pendidikan MIPA 26(2):1044–56. doi: 10.23960/jpmipa.v26i2.pp100-1056.

Rohman, A. A. N., I. Wilujeng, and H. Kuswanto. 2020. “The Influence of Outdoor Learning Models on Critical Thinking Ability.” P. 32093 in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1567. IOP Publishing.

Sulasmini, Ni MadeI Made Candiasa, and Ida Bagus Putu Arnyana. 2024. “Problem-Based Learning in Outdoor Study Settings Affects Learning Motivation and Science Learning Outcomes.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 8(2):357–66. doi: 10.23887/jipp.v8i2.73252.

Yilmaz, Mavi akkaya, and Ufuk Karakus. 2018. “The Impact of Place Based Education Approach on Student Achievement in Social Studies.” Review of International Geographical Education Online 8(3):500–516. doi: 10.33403/rigeo.505261.

Downloads

Published

2025-12-12