STRATEGI PEMASARAN SD SWASTA JUARA WIRAUTAMA PATROL INDRAMAYU DALAM SISTEM PENERIMAAN MURID BARU (SPMB)

Authors

  • Izin Faizin UIN Siber Syekh Nurjati
  • Dewi Cahyani UIN Siber Syekh Nurjati
  • Moh. Ali UIN Siber Syekh Nurjati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36789

Keywords:

Strategi Pemasaran, SD Swasta Juara Wirautama, SPMB

Abstract

Abstrak Penelitian ini berawal dari suatu fenomena yang terjadi di Sekolah Dasar (SD) Swasta Juara Wirautama Desa Patrol, Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu. SD Swasta Juara Wirautama yang merupakan sekolah tergolong pemula dan baru berjalan 4 tahun namun saat sistem penerimaan murid baru, jumlah pendaftar melebihi kapasitas yang dimiliki dan terpenuhi hanya dalam waktu 3 bulan saja. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran SD Swasta Juara Wirautama Patrol dalam Sistem penerimaan murid baru (SPMB). Dalam penelitian ini, jenis penelitian digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data merujuk kepada pendapat Miles dan Humberman dengan tahapan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran yang telah dilakukan SD Swasta Juara Wirautama Patrol dalam SPMB ternyata efektif dan efisien dengan memanfaatkan promosi program unggulan sekolah, yaitu tahfidż Al-Qur’an, menjalin hubungan interpersonal secara baik antara sekolah dengan wali murid serta efektivitas pengelolaan organisasi panitia SPMB.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirulloh, I., & R, R. I. (2024). Pemasaran Jasa Pendidikan. 4(2), 22–42.

Dan, G. (2024). Katalog/catalogue : 1102001.3212 ISSN : 2809.5294.

Fradito, A., Indonesia, L., & Indonesia, J. T. (2020). Strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra sekolah 1. 10(2008).

Guru, P., Dasar, S., & Surakarta, U. M. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 4582–4590.

Haque-fawzi, M. G., Iskandar, A. S., & Erlangga, H. (n.d.). Konsep , Teori dan Implementasi.

Journal, D., Education, O., & Al-adawiyah, R. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM UNGGULAN DI SMA SAINS TAHFIZ QUR ’ AN AL-AMMAR TANJUNG MORAWA. 10(1), 185–197.

Kurniati, T. (2021). Jurnal kependidikan. 9(1), 150–161.

Mukmin, B. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Sekolah Dasar Terpadu. Jurnal Isema : Islamic Educational Management. https:// doi.org/10.15575/isema.v5i1.6076

Nurfajriani, W. V., Wahyu, M., Arivan, I., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). No Title. 10(September), 826–833.

Ramadhan, A. F., Dahlan, U. A., Maryani, I., & Dahlan, U. A. (2024). Strategi Sekolah Dalam Menyukseskan Penerimaan Peserta Didik Baru ( Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik ).

Rhao, X., Widadi, L., Al-idrus, R. B. K., Amna, S., Shafitri, T., Widas, W., & Syahdini, Y. A. (2022). Pemanfaatan Program Unggulan Sekolah sebagai Strategi Efektif dalam Meningkatkan Pemasaran Jasa Pendidikan.

Sundari, E. (n.d.). Strategi Pemasaran.

Syafrizal, A. (2024). STRATEGI PEMASARAN SD SWASTA ISLAM AL-FATIH TANJUNG MORAWA DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB ) promosi dan pemasaran yang masif . Salah satunya adalah melalui penggunaan media sosial ,. V(2), 3–12.

Downloads

Published

2025-12-12