IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON-AKADEMIK PADA EKSTRAKURIKULER RENANG DI SD JUARA WIRAUTAMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36967Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Prestasi Non Akademik, RenangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi non-akademik pada bidang renang di SD Juara Wirautama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler renang, serta peserta didik yang aktif mengikuti kegiatan tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting sebagai motivator, fasilitator, dan supervisor dalam mendukung kegiatan renang. Kepala sekolah berupaya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, menjalin kerja sama dengan pihak eksternal seperti klub renang dan orang tua siswa, serta memberikan penghargaan kepada peserta didik berprestasi. Implementasi kepemimpinan yang partisipatif dan visioner terbukti mampu meningkatkan semangat dan prestasi siswa dalam bidang renang, baik di tingkat sekolah maupun dalam kompetisi antar sekolah. Kesimpulannya, gaya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan suportif memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi non-akademik peserta didik, khususnya dalam bidang olahraga renang di SD Juara Wirautama.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Badrudin, Manajemen Peserta Didik, Jakarta: Indeks, 2014.
Daryanto. Administrasi dan Manajemen Sekolah: untuk Mahasiswa, Guru, Peserta Kuliah Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Departemen Agama R.I., Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum dan Madrasah; Panduan Untuk Guru dan Siswa, Jakarta, Depag R.I., 2004.
Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Gunawan, Imam. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya.
Hidayat, H., Yarshal, D., & Suratno, S. (2019). Pendampingan Pendidikan Karakter Melalui Gugus depan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2),
Ikawati Rahayuningtyas, D., & Mustadi, A. (2013). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa SMP. Pendidikan Karakter. Marzuki Hapsari. (2015). “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di MAN 1 Yogyakarta”. 5, (2) Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi,Yogyakarta:
Ar RuzzMedia, 2008. Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. Muhammad. (2015). Pembentukan Karakter Anak SMP Melalui Pendidikan Pramuka. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2).
Mulyadi, 2010. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Budaya Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Mulyadi, 2010. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Budaya Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
Mulyasa. 2014. Manajemen &Peran kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurudin, Syafrudin, dkk. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Umaiarso & Imam Gojali, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan,Yogyakarta: IRCiSoD, 2010. Undang-Undang Permendikbud Nomor 24 Tahun 2018, tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madsarah
Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd, PENGELOLAAN PENDIDIK dan TENAGA KEPENDIDIKAN, Polimedia Publishing, 2018.
Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 –
Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.
Santoso, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SDIT Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al-Bidayah, 7(1), 0085–0034.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Erdiyanti (2020). MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 1, Juli 2020. Wiyani, N.A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















