TINJAUAN PELAKSANAAN LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA

Authors

  • Putri Rachmawati Wahyuni Asyri Ep Pendidikan Islam IAIN Curup
  • Hartini Pendidikan Islam IAIN Curup
  • Beni Azwar Pendidikan Islam IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36827

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Layanan Klasikal, Bimbingan dan Konseling

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan multikultural memiliki peran penting dalam membentuk sikap toleransi, saling menghargai dan kemampuan berinteraksi secara konstruktif dalam lingkungan belajar yang beragam. Layanan klasikal sebagai bagian dari bimbingan dan konseling sekolah berfungsi untuk memfasilitasi pengembangan sosial, emosional dan nilai-nilai multikultural peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan klasikal bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan sikap multikultural peserta didik di Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian mencakup peserta didik MTs dan SMK, dengan sampel ditetapkan melalui teknik purposive sampling. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa instrumen layanan klasikal memiliki 16 butir valid dan 4 butir tidak valid, sedangkan instrumen pendidikan multikultural memiliki 17 butir valid dan 3 butir tidak valid. Uji reliabilitas menghasilkan α = 0.634 untuk layanan klasikal dan α = 0.677 untuk pendidikan multikultural (kategori reliabel). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan skor layanan klasikal berada pada kategori tinggi hingga sangat tinggi, dengan nilai mean berkisar antara 3.46 – 4.43. Item tertinggi adalah P15 (mean 4.43) dan yang terendah adalah P6 (mean 3.46). Pada variabel pendidikan multikultural, nilai mean berkisar dari 3,34 – 4.65, dengan item tertinggi P2 (mean 4.65) dan item terendah P12 (mean 3.34). Secara keseluruhan, 82% butir berada pada kategori sangat tinggi, 12% kategori tinggi, dan 6% kategori cukup. Dari hasil tersebut diketahui bahwa Layanan Klasikal BK di Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU telah terlaksana dengan baik dan berkontribusi signifikan dalam menumbuhkan sikap multikultural peserta didik. Pelaksanaan layanan yang konsisten dan terstruktur terbukti mendukung pembentukan pemahaman, sikap toleran, serta kemampuan sosial siswa dalam lingkungan pesantren yang multikultural.

 

Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Layanan Klasikal, Bimbingan dan Konseling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiaz, Heni, Lani Diana, Aurilia Nikmatul Maula, Nila Auliana Nur Farikhah, dan Nora Yuniar Setyaputri. t.t. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Multikultural untuk Meningkatkan Toleransi Perbedaan Budaya dalam Pertemanan pada Siswa SMK PGRI 4 Kediri.

Asfar, Khalimatus Sa’diyah, dan Muhammad Miftah. 2024. “ANALISIS INTEGRASI MATERI SEJARAH DAN KEBERAGAMAAN DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, September 16, 203–13. https://doi.org/10.54090/alulum.520.

Canida, Rosalia. 2023. “UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2 (12): 4529–36. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i12.5606.

Ernawati, Diah, dan Erina Sovania. 2023. MULTIKULTURAL DI ERA MODERN: WUJUD KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA. 06 (01).

Fauzan, Mohd, dan Khairunnas Rajab. 2022. “KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN PENDIDIKAN INKLUSIF.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 359–65. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.78.

Firdaus. 2023. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KAJIAN HISTORI.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 10 (3): 326–40. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6885.

Hargantari, Nur’aini Desi, Ibnu Mahmudi, dan Ratna Yuliana Maria. 2024. Peningkatan Karakter Toleransi melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Project Based Learning pada Siswa. 8.

Igirisa, Muliyati, Maryam Rahim, dan Irpan A Kasan. t.t. Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Latihan Terhadap Perilaku Asertif dalam Membina Hubungan Sosial dengan Teman Sebaya.

Lestari, Kiki Rizki Indah. t.t. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Kedisiplinan Belajar.

Rahmat, Hayatul Khairul. 2023. PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL GUNA MENINGKATKAN LITERASI KEBENCANAAN BAGI SISWA. 2 (2).

Riadi, Ali Akbar, Uli Makmun Hasibuan, Muhammad Ariq Azhari, M Zaky, dan Fauzan Lubis. 2025. Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal untuk Mengatasi Rasa Malas Belajar pada Siswa SMA. 02 (02).

Sarnita, Sarnita, dan Eka Titi Andaryani. 2023. “Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4 (11): 1183–93. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2233.

Sipuan, Sipuan, Idi Warsah, Alfauzan Amin, dan Adisel Adisel. 2022. “Pendekatan Pendidikan Multikultural.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8 (2): 815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.815-830.2022.

Soleman, Fauziah. 2021. “Meminimalisir Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7 (3): 1407. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1407-1416.2021.

Taba, Waldiki. t.t. PENTINGNYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBANGUN TOLERANSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH.

Welly, Putri, dan Hidayani Syam. t.t. PENTINGNYA BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PENGEMBANGAN ANAK DI PANTI ASUHAN MITRA.

Yani, Azli, Uli Makmun Hasibuan, dan Rizka Maulia. 2025. Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X di SMK Budisatrya Medan. 02 (02).

Downloads

Published

2025-12-13