PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN TERAWAS

Authors

  • Herwantoro Program Pascasarjana Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam IAIN Curup
  • Hartini Program Pascasarjana Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam IAIN Curup
  • Eka Apriyani Program Pascasarjana Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam IAIN Curup
  • Beni Azwar Program Pascasarjana Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36830

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individu dengan teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) terhadap penyimpangan perilaku pada peserta didik kelas X di SMAN Terawas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 280 siswa, dan melalui teknik purposive sampling dipilih 30 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan skala penyimpangan perilaku yang diadaptasi dari Haryanto (2012) dan telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Intervensi diberikan dalam bentuk layanan konseling individu dengan teknik REBT menggunakan model ABCDE selama enam minggu, satu sesi per minggu (60 menit). Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene’s Test, uji paired t-test, dan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan skor penyimpangan perilaku pada kelompok eksperimen (p < 0,05), sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan signifikan (p > 0,05). Selain itu, uji independent t-test pada skor posttest menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu dengan teknik REBT efektif dalam menurunkan penyimpangan perilaku peserta didik.

Kata kunci: Konseling Individu, REBT, Penyimpangan Perilaku

Downloads

Download data is not yet available.

References

Clara Jennifer Manullang. 2023. “Analisis Teori Kriminologi Strain Dalam Kasus Balap Liar.” UNES Law Review 5(4):3708–23. https://doi.org/10.31933/unesrev.v5i4.

Curup, Stain. 2017. No Title. Vol. 1.

Hartini, Hartini, Beni Azwar, and Edi Wahyudi M. 2023. Profile of Student Competence in Applying Technology as a Media for Guidance and Counseling Services. Atlantis Press SARL.

Ni Made, Suwendri, and Sukiani Ni Ketut. 2020. “Penyimpanganan Perilaku Remaja Di Perkotaan.” KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya 4(2):51–59. doi:10.22225/kulturistik.4.2.1892.

Ramadhani, Wulan, Indri Astuti, and Yuline. 2020. “Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Siswa Di Smp Negeri 22 Pontianak Beserta Bantuannya.” 1.

Rifa’i, Achmad. 2021. “Achmad Rifa’i. 2016. PENYIMPANGAN PERILAKU.” 167–86.

Setiawati, Indah. 2020. “Indah Setiawati, 2019. PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK ABCDE TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG.” 2:1–9.

Setyowati, Endang, and Dwi Ulfa Nurdahlia. 2018. “Strategi Penanganan Perilaku Menyimpang Peserta Didik Melalui Guru Sebagai Role Model.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 24(1):35–42. doi:10.33503/paradigma.v24i1.340.

Utomo, Setyo Budi, and Mochamad Nursalim. 2019. “Menganti Serta Penanganannya Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal BK Unesa 10(2):9–17.

Varyani, Sulistyarini, Rustiyarso. 2013. “ANALISIS PENGENDALIAN SOSIAL PERILAKU MENYIMPANG SISWA BERMASALAH DI SMA Varyani, Sulistyarini, Rustiyarso Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Untan, Pontianak.” Analisi Jurnal 0–16.

Downloads

Published

2025-12-12