ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN KELAS INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37106Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, kelas inklusi, manajemen kelasAbstract
Penelitian ini difokuskan untuk menggambarkan bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan oleh guru dalam mendukung manajemen kalas inklusi di SDN Sungai Andai 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan diferensiasi pada materi, proses belajar, dan media pembelajaran, serta bekerja sama dengan GPK untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang beragam. Penerapan strategi ini berdampak pada suasana kelas yang lebih terkelola dan membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Namun, implementasi nya masih belum maksimal karena keterbatasan waktu dan jumlah peserta didik yang banyak. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi membutuhkan dukungan guru, sekolah, dan perencanaan yang matang agar proses belajar dapat berjalan lebih efektif di kelas inklusi.
Downloads
References
Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA SURABAYA. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124
Anggelina Hapsary, Elysia Anjani, & Vina Maryati. (2025). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 10(1), 88–99. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3371
Ashari, H., Hasudungan, A. N., & Nababan, S. A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Ki Hajar Dewantara dan Implementasinya. Jurnal keguruan dan ilmu pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.12345/xxxxx
Azis, R. (2024). Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. 2(02).
Damopoli̇İ, I., Nunaki̇, J. H., Jeni̇, J., Rampheri̇, M. B., & Ambusai̇Di̇, A. (2024). An Integration of Local Wisdom into a Problem-based Student Book to Empower Students’ Conservation Attitudes. Participatory Educational Research, 11(1), 158–177. https://doi.org/10.17275/per.24.10.11.1
Dewanti, D. R. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Dasar Inklusi. 33, 243–255.
Fidiana Astutik. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar.
Fitriani, A., Surianyah, A., Aisyah, A., Pratiwi, D. A., Yuliana, E., Rifky, M., Darmawan, M. R., & Zubaidah, S. L. (2024). Menyongsong Kurikulum Merdeka: Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dengan Pembelajaran Berdiferensiasi di SDN Kuin Utara 1. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1217–1225. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.352
Halimah, S., & Kurniawati, L. (2022). DEVELOPMENT OF MATHEMATICS TEACHING MATERIAL BASED ON REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(1), 34–42. https://doi.org/10.19109/jip.v8i1.8109
Halkias, D., & Neubert, M. (2020). Extension of Theory in Leadership and Management Studies Using the Multiple Case Study Design. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3586256
Harsono, A. M. B. (2025). INNOVATION IN STEAM BASED DIFFERENTIATION LEARNING MANAGEMENT. 01(01), 33–42.
Hasanah, N. Z., & Zakly, D. S. (2021). Pendekatan Integralistik sebagai Media Alternatif Inovasi Pendidikan Islam di Era Milenial. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 151–161. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i3.384
Intan, N., Dani, R., Suryati, S., & Adiansha, A. A. (2025). Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran Berdifferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 158–166. https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i1.1323
Kristuti, G. Y., & Relmasira, S. C. (2025). EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 10.
Lubis, H., & Dahlan, J. A. (2023). UNDERACHIEVER STUDENT IN LEARNING MATHEMATICS: CAUSES AND SOLUTIONS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2629. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7091
Marzoan, K. (2023). IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATE LEARNING IN ELEMENTARY EDUCATION (Literature Review in the Implementation of the Merdeka Curriculum). 3(2).
Nurwidiawati, D., Dhini, D. A., & Patras, Y. E. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Dasar. 5. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v5i01.4631
Nurwidiawati, D., Dhini, D. A., & Patras, Y. E. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Dasar. 2.
Oktalena, D. D., & Saputra, A. D. (2025). The Teacher Belief and Teacher Praxis in the Implementation of the Merdeka Curriculum in Class II at SD Negeri 91 Palembang. 4(7).
Owan, V. J., Ukam, C. U., & Egame, E. A. (2023). Beyond school grades: Measuring students learning outcomes and the emergence of achievers and underachievers. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 5, 3. https://doi.org/10.33902/jpsp.202320925
Putri, F. K., & Wiranata, I. H. (2025). Peran Pendidikan Inklusif di Tingkat Sekolah Dasar. 2025-01-08, 4. https://doi.org/10.29407/0xskw592
Refianti, E., & Aslamiyah, S. S. (2025). Differentiated Instruction Strategies for Addressing Student Ability Diversity in Islamic Education at Ma’arif NU Mambaul Ulum Senior High School, Pucuk: STRATEGI PEMBELAJARAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION UNTUK MENGATASI PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA MA’ARIF NU MAMBAUL ULUM PUCUK. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 9(2), 82–101. https://doi.org/10.21111/educan.v9i2.14782
Sari, N. W. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka: Antara Harapan, Hambatan, dan Realitas di Lapangan. 1. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v1i3.114
Siregar, T. (2025). The Effectiveness of the Discovery Learning Model in Enhancing Students’ Mathematical Problem-Solving Skills. Computer Science and Mathematics. https://doi.org/10.20944/preprints202510.1549.v1
Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Prastitasari, H., & Prihandoko, Y. (2024). Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Pemurus Dalam 2. 02(02).
Yulianti, S. E. (n.d.). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR “I”PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK “IKELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 2 WARU. 2023, 18 No 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















