Hubungan Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar BLACKPINK (BLINK)

Authors

  • Celvin Stivanus Universitas Tarumanagara
  • Agustina Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37202

Keywords:

Fear of Missing Out (FoMO),, Perilaku Konsumtif, BLINK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Fear of Missing Out (FoMO) dan Perilaku Konsumtif pada penggemar BLACKPINK (BLINK). Tingginya antusiasme BLINK dalam membeli album, merchandise, tiket konser, hingga produk kolaborasi menunjukkan adanya pola konsumsi yang meningkat dan dipengaruhi oleh faktor psikologis. FoMO, yaitu kecemasan ketika merasa tertinggal dari pengalaman penting, diduga menjadi salah satu pendorong perilaku konsumtif tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional non-eksperimental dan teknik purposive sampling. Sebanyak 231 partisipan berusia 18-40 tahun yang telah mengikuti BLACKPINK minimal enam bulan serta terlibat dalam pembelian produk terkait fandom berpartisipasi dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah Skala Fear of Missing Out dan Skala Perilaku Konsumtif yang telah diadaptasi, masing-masing memiliki reliabilitas yang sangat baik dengan nilai Alpha di atas 0,80. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman karena sebaran data tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara FoMO dan perilaku konsumtif (r = 0.416, p < 0.001). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat FoMO, semakin tinggi pula kecenderungan perilaku konsumtif pada penggemar BLINK. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami mekanisme psikologis yang memengaruhi perilaku konsumtif pada komunitas penggemar K-Pop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, K., (2022) Hubungan fanatisme dengan perilaku konsumsi pada k popers (penggemar k-pop) di kota pekanbaru [Skripsi Sarjana]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Andadini, T. A. S., & Darmawanti, I. (2023). Perilaku konsumtif ditinjau dari celebrity worship syndrome pada komunitas nctzen dewasa awal. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 268–286. https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.53249

Barry, C. T., & Wong, M. Y. (2020). Fear of missing out (fomo): a generational phenomenon or an individual difference?. Journal of Social and Personal Relationships, 37(12), 2952-2966. https://doi.org/10.1177/0265407520945394

Cosmopolitan Indonesia. (2025, June 06). Blackpink jakarta 2025 siap digelar, ini hal yang perlu kamu tahu. Cosmopolitan Indonesia. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/6/2025/41219/blackpink-jakarta-2025-siap-digelar-ini-hal-yang-perlu-kamu-tahu

Fromm, Erich. 1995. Masyarakat yang sehat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jangkar, V., Nalle, A., & Korohama, K. (2025). Hubungan antara fear of missing out (fomo) dengan perilaku konsumtif mahasiswa prodi bimbingan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas nusa cendana. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 3(1). https://doi.org/10.35508/jbkf.v3i1.17808

LSPR Communication & Business Institute. (2025, June 13). Blackpink Kembali menyapa fans indonesia dengan konser world tour, jangan sampai ketinggalan!. LXPR LSPR. https://lxpr.lspr.ac.id/blackpink-kembali-menyapa-fans-indonesia-dengan-konser-world-tour-jangan-sampai-ketinggalan/

Mutiah, D. (2023, July 22). Blink berburu merchandise blackpink + starbucks, antre sejak jam 6 pagi demi tumbler. Liputan6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5350758/blink-berburu-merchandise-blackpink-starbucks-antre-sejak-jam-6-pagi-demi-tumbler

Myrilla, S., & Dewi, F. I. R. (2022). Hedonis sebagai moderator pada fomo dan conformity consumption behavior remaja pengguna smartphone x. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(2), 507–516. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i2.18599.2022

Nurfadiyah, E. (2021, August 8). 5 tahun perjalanan BLACKPINK bermusik: dari debut hingga populer. Bangka Sonora.ID. https://bangka.sonora.id/read/50282 960/5-tahun-perjalanan-blackpink-bermusik-dari-debut-hingga-populer?page=all

Nurhayati, S., & Azhar, A. A. (2023). The fear of missing out (fomo) phenomenon in the use of instagram in communication science students of uin north sumatra. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i1.3817

Pramudita, E. A., & Heng, P. H. (2024). Peran celebrity worship dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif komunitas engene. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 4835–4843. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16872

Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in human behavior, 29(4), 1841-1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Putrianda, R., G. (2023) Pengaruh cara pengunaan aktif pasif di media social instagram, terhadap fear of missing out (FoMO) [Skripsi Sarjana]. Universitas Tarumanagara.

Putri, A., & Rahmasari, D. (2021). Disregulasi emosi pada perempuan dewasa awal yang melakukan self injury. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 152-161. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i6.41524

Putri, A. M. H. (2023, March 10). Ini album k-pop terlaris di dunia, blackpink masuk ga ya?. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230310084135-128-420505/ini-album-k-pop-terlaris-di-dunia-blackpink-masuk-ga-ya

Roberts, J. A., & David, M. E. (2020). The social media party: fear of missing out (fomo), social media intensity, connection, and well-being. International Journal of Human-Computer Interaction, 36(4), 386-392. https://doi.org/10.1080/10447318.2019.1646517

Triadanti, T. (2019, February 26). Jadi gaya hidup, benarkah fans k-pop kaya raya atau cuma modal kuota? IDNTimes. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota?page=all

Weverse. (2025, July 14). BLACKPINK official community on Weverse [Data retrieved on July 14, 2025]. https://weverse.io/blackpink

Wirasukessa, K., & Sanica, I. G. (2023). Fear of missing out dan hedonism pada perilaku konsumtif millennials: peran mediasi subjective norm dan attitude. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 156-175. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2887

Zahra, A., Khairani, U., & Lestari, D. (2023). Pengaruh fomo, gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa fakultas eknomi dan bisnis islam universitas islam negeri sumatera utara. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 3204-3226. https://ummaspul.ejurnal.id/JKM/article/download/6245/2916

Downloads

Published

2025-12-20