Hubungan antara Self-Efficacy dengan Kemampuan Manajemen Waktu pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi dan Bekerja Paruh Waktu
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37658Keywords:
self-efficacy, manajemen waktu, mahasiswa pekerja paruh waktuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kemampuan manajemen waktu pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi sambil bekerja paruh waktu. Fenomena peran ganda tersebut menimbulkan berbagai tantangan, seperti penurunan konsentrasi, peningkatan stres, serta kesulitan mengatur prioritas akademik dan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Partisipan berjumlah 206 mahasiswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua instrumen yang telah diadaptasi, yaitu College Academic Self-Efficacy Scale (CASES) dengan 44 item dan skala Manajemen Waktu sebanyak 10 item. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa kedua alat ukur memiliki konsistensi internal yang sangat baik, dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0.874 untuk self-efficacy dan 0.816 untuk manajemen waktu. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal sehingga memenuhi syarat analisis parametrik. Analisis korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara self-efficacy dengan manajemen waktu (r = 0.651, p < 0.001). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy yang dimiliki mahasiswa, semakin baik pula kemampuan mereka dalam mengelola waktu. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa self-efficacy merupakan faktor penting yang mendukung efektivitas pengelolaan waktu, terutama bagi mahasiswa yang menghadapi tuntutan akademik tingkat akhir dan kewajiban pekerjaan secara bersamaan.
Downloads
References
Anjani, W., Ulpa, E. P., & Rasidin, Y. (2020). Hubungan antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja part-time. ANFUSINA: Journal of Psychology, 3(2), 119–132. https://doi.org/10.24042/ajp.v3i2.10418
Chian, L. S., & Rostiana. (2024). Hubungan manajemen waktu dengan keseimbangan kehidupan kerja pada mahasiswa yang bekerja. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 8(1), 100–105. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v8i1.27176.2024
Darmawan, D. K., Agustina, & Wati, L. (2023). Manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik [Time management influences academic procrastination]. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5), 329–337. https://doi.org/10.55904/nautical.v2i5.839
Hanafi, C. N., & Widjaja, Y. (2021). Kemampuan manajemen waktu mahasiswa tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.24912/tmj.v3i2.11740
Linggasari, L. Y., & Kurniawan, R. Y. (2020). Hubungan kerja paruh waktu dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 92–98. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p92-98
Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239
Ratanawati, L. (2024). Hubungan antara self-efficacy dengan motivasi akademik pada mahasiswa pasca pandemi COVID-19 (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Tarumanagara.
Rusdi, R. (2015). Hubungan antara efikasi diri dan manajemen waktu terhadap stres mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 248–257. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i2.3768
Setiani, S., & Khotimah, A. H. (2022). Linking self-efficacy and work engagement to employee performance: The intervening role of work motivation. Dalam Prosiding International Conference of Islamic Economics and Business (ICONIES) (hlm. 371–377). Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Universitas Bina Sarana Informatika. (2025, 19 Juni). Skripsi vs kerja! Strategi cerdas mahasiswa Karawang hadapi dilema menjelang lulus. KarawangHitz. Diakses dari https://karawanghitz.com/bangun-sinergi-ciptakan-lulusanberkualitasuniversitas-bsi-kampus-karawang-ajak-orang-tua-diskusibareng/
Universitas Terbuka. (2024, 17 Desember). 75% mahasiswa UT sudah bekerja sebelum lulus: Kuliah fleksibel, sukses di depan mata! Universitas Terbuka. Diakses dari https://www.ut.ac.id/artikel/2024/12/75-mahasiswa-ut-sudahbekerja-sebelum-lulus-kuliah-fleksibel-sukses-di-depan-mata/
Wahyuni, N. T., & Machali, I. (2021). Pengaruh manajemen waktu dan efikasi diri terhadap prokrastinasi penyusunan skripsi mahasiswa Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-02
Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019, 29 Agustus). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana (Edisi Khusus Psikologi Pendidikan, 164–173). Diakses dari https://jurnal.harianregional.com/psikologi/id-52516
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















