IMPLEMENTASI METODE STAR TERHADAP LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dian Novita Anggraini Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Arta Mulya Budi Harsono Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37439

Keywords:

Metode STAR, Literasi dan Numerasi, HOTS

Abstract

Implementasi metode STAR dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sekolah dasar. Penelitian sebelumnya hanya berfokus kepada peningkatan motivasi belajar peserta didik dan refleksi pendidik di jenjang SMA, sehingga meneliti kembali dengan fokus yang berbeda yaitu meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus deskripsi yang dilakukan di SDN Mawar 7 Banjarmasin, terutama di kelas V. Pendukung terdiri dari 1 pendidik dan 23 peserta didik. Pengumpulan data juga menggunakan melalui observasi partisipan, wawancara semi-struktur, dan analisis dokumen. Tehnik analisis data dalam penelitian kualitatif yang meliputi 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Strategi pendidik mengimplementasikan metode STAR dilakukan melalui 4 langkah yaitu situasi, tantangan, aksi, dan refleksi. Pendekatan kontekstual ini juga selalu mengaitkan meteri pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dampak yang dialami yaitu menunjukkan peningkatan pembelajaran yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, memecahkan masalah, dan peserta didik mampu mengambil keputusan yang menjadi inti dari literasi dan numerasi. Selanjutnya, tantangan yang dihadapi pendidik mencangkup tuntutan untuk bisa mengetahui kepemampuan peserta didik di dalam kelas agar strategi yang digunakan sesuai. Solusi yang disarankan terhadap tantangan penerapan metode STAR yaitu dengan mengintegrasikan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) ke dalam setiap langkah pembelajaran  metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyana, N., & Syahri, A. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl. In JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.16

Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 97–107. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Andi Anggraeni, N., Santoso, B., & Pusparini, I. (2024). Praktik Baik Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi, Dampak dan Hasil) Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri Malang. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 06(02), 148–157. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i2.4782

Budianti, D. A., Roshayanti, F., Hayat, M. S., & Syafiq, M. A. (2022). Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik MA Darul Muqorrobin pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 287–302. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i1.153

Febrianti, M. D., Al-Bahij, A., & Mufidah, L. (2024). Pentingnya Konteks dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika pada Anak Sekolah Dasar Kelas 2. SEMNASFIP. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23724

Ghimby, A. D. (2022). Pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2091–2104. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3014

Huberman, A. (2019). Qualitative data analysis a methods sourcebook. https://www.sidalc.net/search/Record/KOHA-OAI-ECOSUR:4757

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Ismawati, E. Y., Khoiri, N., Saefan, J., Ristanto, S., Prakosa, H. A., & Ristianti, S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 712–720. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.174

Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengembangan Soal-Soal Literasi dan Numerasi Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 516–523. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1313

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 02(05). https://lipi.go.id/id/

Mardhina Azzahra, F., Hidayat, A., Riandy Agusta, A., & Dwitalia Sari, D. (2025). Implementasi Model PEGIAT Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran|E-ISSN: 3026-6629, 03(01), 8–14. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/998

Masri, M., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2024). Implementasi kebijakan pendidikan kurikulum merdeka belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(4), 347–352. https://doi.org/10.29210/30032794000

Mongkau, J. G., Daniel, R., & Pangkey, H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 06(04), 22018–22030. https://pdfs.semanticscholar.org/5785/fdaedfcf7adbcb1177b694bc8cf3159b4bd1.pdf

Muhtarom, H., Rosanti, B. Y., Hasanah, H., Purwaningsih, W. T., & Putri, A. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Berpikir Kritis Siswa MA NW. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 406–414. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20478

Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486–2494. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2377

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Sinthania, D. (2022). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=thZkEAAAQBAJ&lpg=PP6&ots=8imxTDkFJA&dq=metodologi%20penelitian%20kualitatif&lr&hl=id&pg=PP6#v=onepage&q=metodologi%20penelitian%20kualitatif&f=false

Peng, M. Y. P., Feng, Y., Zhao, X., & Chong, W. L. (2021). Use of Knowledge Transfer Theory to Improve Learning Outcomes of Cognitive and Non-cognitive Skills of University Students: Evidence From Taiwan. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.583722

Pratiwi, D. A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model MAGIC dengan Permainan Citizwnship Match Master SDN Teluk Dalam 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 931. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17180

Pratiwi, W. D., Yuniasih, & Saputri, Y. D. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman dalam menentukan ide pokok pada siswa kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(2), 40–45. https://doi.org/10.20961/ddi.v10i2.64598

Sa’diah, L. S., & Nahdi, D. S. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Membantu Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.277

Samsiyah, S. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10. https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.69859

Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i2.640

Sari, D. H. N., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9, 7–12. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.48723

Sri Rahayu, & Abdussyukur, A. (2024). Penerapan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi) Melalui Model PjBL dalam Membuat Kompas Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VI MIN 13 Bener Meriah. EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 2(02), 20–30. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol202.2024.20-30

Suriansyah, A., Riandy Agusta, A., Purwanti, R., Adiattoni, M., & Nurmala, D. (2023). Pengembangan Media Gawi Manuntung untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat 5.0 dan Karakter Waja Sampai Kaputing. Journal of Education Research, 4(4), 2205–2218.

Suryadi, Y., & Hartati, T. (2025). Implementasi Literasi Numerasi Melalui Metode STAR bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada SLB (Sekolah Luar Biasa). Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 3(1), 216–222. https://doi.org/10.47709/geci.v3i1.6043

Trias, H., Rian, J., Putra2, S., Al, S., & Surabaya, H. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224–232. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701

Twiningsih, A., Retnawati, H., & Cahyandaru, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 59–69. https://doi.org/10.30738/tc.v6i2.13599

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods.

Downloads

Published

2025-12-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>