Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Akhmad, F., & Wijayanti, R. (2016). Efektifitas hasil belajar matematika antara metode the power of two dan two stay-two stray. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 546–555. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21566
- Andayani, S., & Jazim, J. (2016). Pengembangan model pembelajaran kooperatif menggunakan pendekatan realistik pada mata kuliah statistika matematika I. Aksioma Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.461
- Anwar, R., Firman, & Desyandri. (2024). Pendekatan model realistic mathematic education (RME) berbantuan video animasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16146
- Astuti, A. (2018). Penerapan realistic mathematic education (RME) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
- Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap motivasi dan hasil belajar materi matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
- Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
- Farokhah, L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Sekolah dasar menggunakan model project based learning dan model project based learning dengan teknik mind map. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11681
- Febriana, R. (2023). Implementasi pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pedagogy, 8(1), 73–86. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2475
- Hairun, R. A. F., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penerapan model realistic mathematic education terhadap pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 734–741. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5549
- Handayani, U. F. (2020). Analisis hambatan penerapan model pembelajaran kooperatif pada pelajaran matematika. Jurnal Pusaka, 9(2), 22–36. https://doi.org/10.35897/ps.v9i2.465
- Hermawan, V., Dede Anggiana, A., & Septianti, S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis melalui model pembelajaran student achievemen divisons (STAD). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.4126
- Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
- Hikmah, R. (2017). Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271–280. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204Kemendikbudristek. (2022). Peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tentang standar proses pada pendidikan usia dini, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(69), 5–24. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-99
- Khairunnisa, M., & Masrukan, M. (2020). Mathematical representation ability viewed from the students’ cognitive style in Two Stay Two Stray with product assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(2), 140–153. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i2.32224
- Khotimah, H., Hidayat, A., & Rizky, L. M. (2024). Kemampuan koneksi matematika siswa smp dalam pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) mathematics connection skills of junior high school students in RME (Realistic Mathematics Education) learning. September, 226–239. https://doi.org/10.26737/jpmi.v9i2.5852
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
- Ma’arif, A. S., & Sutarni, S. (2023). Implementasi pembelajaran realistic mathematics education (rme) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2782–2792. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2298
- Melikhatun, M. (2017). Implementasi metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X-3 di SMA Muhammadiyah 1 Munthilan Kabupaten Magelang tahun ajaran 2016/2017. 4(3), 41–52. https://journal.student.uny.ac.id/risalah/article/view/9522
- Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh metode pembelajaran realistic mathematics education (rme) terhadap kemampuan nalar siswa pada kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15(1), 104–113. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053
- Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 108–119. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i2.30023
- OECD. (2023). PISA 2022 results factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
- Pulungan, N. (2018). Efektifitas penggunaan model pembelajaran MEA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MAS Al-Ahliyah Aek Badak. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 101–108. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
- Putri Nurwijayanti, T., Sukardi, & Rizhardi, R. (2023). efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 6(1), 34–46. https://doi.org/10.31851/sj.v6i1.11578
- Rachmawati, B. A., Purwanto, S., & Sari, P. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 169 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i2.14859
- Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Kongruen, 1(4), 323–334. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruenRahmat, R. P. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Intermathzo, 2(1), 4–7. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/265
- Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42
- Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
- Silalahi, A. E. C., Aryanti, F., & Futriani, N. L. (2024). Studi literatur: model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Journal on Education, 6(4), 18495–18509. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5762
- Sinaga, U. H., Ahmad, M., & Elindra, R. (2022). Efektivitas pendekatan RME (realistic mathematics education) untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa SMP Swasta Advent Barus. (Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(2), 71–82. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
- Siskawati, F. S., Aningsih, E. Y., & Irawati, T. N. (2022). Kolaborasi realistics mathematics education (RME) dan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar. Marisekola: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 3(1), 71–76. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.3203
- Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Suwaji, Syaiful, & Efendi, M. H. E. (2019). Pengaruh model learning cycle 5E dan model two stay two stray ditinjau dari kemampuan awal terhadap hasil belajar IPA siswa. Edu-Sains, 8(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v8i1.8894
- Tama, B. J., Rezeki, S., & Hikmah, R. (2020). Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan cabri 3D. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.37640/jim.v1i1.265
- Une, D. F., Pomalato, S. W. D., & Machmud, T. (2023). Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18206
- Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan pembelajaran realistic mathematics education dengan strategi means ends analysis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Arithmetic: Academic Journal of Math, 2(1), 15. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
- Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.553
- Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4175
- Yusuf, V. H., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.23960/mtk
References
Akhmad, F., & Wijayanti, R. (2016). Efektifitas hasil belajar matematika antara metode the power of two dan two stay-two stray. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 546–555. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21566
Andayani, S., & Jazim, J. (2016). Pengembangan model pembelajaran kooperatif menggunakan pendekatan realistik pada mata kuliah statistika matematika I. Aksioma Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.461
Anwar, R., Firman, & Desyandri. (2024). Pendekatan model realistic mathematic education (RME) berbantuan video animasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. 4. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16146
Astuti, A. (2018). Penerapan realistic mathematic education (RME) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap motivasi dan hasil belajar materi matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Farokhah, L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Sekolah dasar menggunakan model project based learning dan model project based learning dengan teknik mind map. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11681
Febriana, R. (2023). Implementasi pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pedagogy, 8(1), 73–86. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2475
Hairun, R. A. F., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penerapan model realistic mathematic education terhadap pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 734–741. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5549
Handayani, U. F. (2020). Analisis hambatan penerapan model pembelajaran kooperatif pada pelajaran matematika. Jurnal Pusaka, 9(2), 22–36. https://doi.org/10.35897/ps.v9i2.465
Hermawan, V., Dede Anggiana, A., & Septianti, S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis melalui model pembelajaran student achievemen divisons (STAD). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i1.4126
Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Hikmah, R. (2017). Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271–280. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204Kemendikbudristek. (2022). Peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tentang standar proses pada pendidikan usia dini, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(69), 5–24. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-99
Khairunnisa, M., & Masrukan, M. (2020). Mathematical representation ability viewed from the students’ cognitive style in Two Stay Two Stray with product assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(2), 140–153. https://doi.org/10.15294/ujme.v9i2.32224
Khotimah, H., Hidayat, A., & Rizky, L. M. (2024). Kemampuan koneksi matematika siswa smp dalam pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) mathematics connection skills of junior high school students in RME (Realistic Mathematics Education) learning. September, 226–239. https://doi.org/10.26737/jpmi.v9i2.5852
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Ma’arif, A. S., & Sutarni, S. (2023). Implementasi pembelajaran realistic mathematics education (rme) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2782–2792. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2298
Melikhatun, M. (2017). Implementasi metode two stay two stray (TS-TS) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X-3 di SMA Muhammadiyah 1 Munthilan Kabupaten Magelang tahun ajaran 2016/2017. 4(3), 41–52. https://journal.student.uny.ac.id/risalah/article/view/9522
Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh metode pembelajaran realistic mathematics education (rme) terhadap kemampuan nalar siswa pada kelas X SMK Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15(1), 104–113. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1053
Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 108–119. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i2.30023
OECD. (2023). PISA 2022 results factsheets Indonesia. OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, 1–9. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Pulungan, N. (2018). Efektifitas penggunaan model pembelajaran MEA terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MAS Al-Ahliyah Aek Badak. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 101–108. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Putri Nurwijayanti, T., Sukardi, & Rizhardi, R. (2023). efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar. Scholastica Journal Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 6(1), 34–46. https://doi.org/10.31851/sj.v6i1.11578
Rachmawati, B. A., Purwanto, S., & Sari, P. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 169 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i2.14859
Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Kongruen, 1(4), 323–334. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruenRahmat, R. P. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Intermathzo, 2(1), 4–7. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/265
Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Silalahi, A. E. C., Aryanti, F., & Futriani, N. L. (2024). Studi literatur: model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Journal on Education, 6(4), 18495–18509. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5762
Sinaga, U. H., Ahmad, M., & Elindra, R. (2022). Efektivitas pendekatan RME (realistic mathematics education) untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa SMP Swasta Advent Barus. (Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(2), 71–82. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Siskawati, F. S., Aningsih, E. Y., & Irawati, T. N. (2022). Kolaborasi realistics mathematics education (RME) dan two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar. Marisekola: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 3(1), 71–76. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.3203
Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwaji, Syaiful, & Efendi, M. H. E. (2019). Pengaruh model learning cycle 5E dan model two stay two stray ditinjau dari kemampuan awal terhadap hasil belajar IPA siswa. Edu-Sains, 8(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v8i1.8894
Tama, B. J., Rezeki, S., & Hikmah, R. (2020). Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan cabri 3D. Journal of Instructional Mathematics, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.37640/jim.v1i1.265
Une, D. F., Pomalato, S. W. D., & Machmud, T. (2023). Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18206
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan pembelajaran realistic mathematics education dengan strategi means ends analysis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Arithmetic: Academic Journal of Math, 2(1), 15. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.553
Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4175
Yusuf, V. H., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.23960/mtk