Penilaian Proyek Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik

Authors

  • Eri Kustiaman

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v6i1.2721

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah: Untuk membandingkan peningkatan kemampuan penalaran matematik antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek, dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional berdasrkan kelas pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM). Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara kelas pembelajaran dengan KAM terhadap kemaempuan penalaran matematis serta sikap siswa setelah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan data kuantitatif diambil dari tes kemampuan penalaran dan angket sikap peserta didik. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasi wawancara pada peserta didik. Penelitian dilaksnakan di dua kelas kelas X Mtk – Ekonomi 1 sebagai kelas eksperimen  dan X Mtk – Ekonomi 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan penalaran, angket sikap dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) Peningkatan kemampuan penalaran matematik peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek, lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional; 2) Peningkatan kemampuan penalaran matematik peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek, lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, dilihat dari kemampuan awal matematika (unggul dan asor); 3) Tidak terdapat interaksi antara Kemampuan Awal Matematika (KAM) dengan model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis; 4) Sikap peserta didik positif setelah penggunaan pembelajaran berbasis proyek

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-31