Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Siswa SMA.

Authors

  • Mohamad Syarif

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v6i1.2723

Abstract

Dalam pembelajaran konvensional yang sampai sekarang masih dominan dilaksanakan di Indonesia, sebagian besar peserta didik terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa menghafal tanpa disertai pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui, apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa melalui pembelajaran pendekatan problem Solving lebih baik dari pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap matematika dan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian True experimental, dengan populasi seluruh siswa SMA Negeri 1 Sukaraja tahun Pelajaran 2013/2014, sebagai sampel diambil siswa dari dua kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari pembelajaran pendekatan problem solving (variabel bebas), serta kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif (variabel terikat). Alat ukur yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dan angket sikap siswa terhadap matematika dan Pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving. Hasil penelitian menunjukan bahwa, yang pertama terdapat  peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa melalui pembelajaran pendekatan Problem Solving. Kedua terdapat  peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa melalui pembelajaran pendekatan Problem Solving. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada  siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Problem Solving daripada siswa yang tidak menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Problem Solving. Ketiga siswa memberikan dan menunjukan sikap yang positif  terhadap mata pelajaran matematika serta dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving. Sehingga dari penelitian yang telah dilakukan tersebut, diperoleh bahwa terdapat hubungan antara sikap siswa dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan problem solving dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik dan juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika untuk siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-31