Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Teknik Perancangan Mekanik dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis
Keywords:
Creative Thinking Ability , Mathematics, Pulley and Belt , Mechanical Design EngineeringAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi indikator berpikir kreatif mahasiswa program studi Teknik Perancangan Mekanik saat menyelesaikan permasalahan matematika dengan menggunakan konteks pulley dan belt pada mesin. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi teknik perancangan mekanik. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan menganalisis data. Validitas data penelitian dilakukan dengan triangulasi, pengecekan sejawat, dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini Secara keseluruhan, kemampuan mahasiswa dalam berpikir kreatif termasuk dalam kategori baik sebesar 62%. Urutan indikator dari yang paling sering dimiliki mahasiswa sampai yang paling jarang dimiliki mahasiswa antara lain, indikator fluency sebesar 100%, elaboration sebesar 83%, flexibility sebesar 50%, dan originality sebesar 17%. Hal ini karena pada indikator flexibility mahasiswa terbiasa menggunakan satu strategi dan tidak terbiasa untuk mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut ke dalam strategi yang lain. Pada indikator origanility, mahasiswa terlihat masih kesulitan dalam menggambarkan strategi baru yang tak baku karena mahasiswa dengan menggunakan rumus-rumus yang telah mereka kenal dan cenderung tidak dapat menemukan rumus baru dengan menghubungkannnya dari beberapa konsep matematis yang berkaitan dengan soal.Downloads
References
Afrilianto, M., Rosyana, T., Linda., & Wijaya, T. T. (2022). Project-activity-cooperative learning-exercise model in improving students’ creative thinking ability in mathematics. Infinity Journal, 11(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p285-296
Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053
Amelia, R., & Anwar, H. W. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII Mts nurus salam deli tua pada materi pola bilangan. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 594–607. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1390
Assalam, A. A., Maulana, G., & Azani, A. P. (2023). Rancang bangun mesin pencacah pakan ternak ruminansia [Diploma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/845
Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas VII dalam penyelesaian masalah statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. Jurnal E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.460
Fairazatunnisa, F., Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.702
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk pangkat dan akar di kelas XI SMA negeri 1 ulususua tahun pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437
Herlina, E. (2015). Meningkatkan advanced mathematical. Infinity Journal, 4(1), 65–83. https://dx.doi.org/10.22460/infinity.v4i1.p65-83
Jailani, M. S. (2020). Membangun kepercayaan data dalam penelitian kualitatif. Primary Education Journal, 4(2), 19–23. https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.72
Kamilah, A. S., & Sukirwan. (2023). Desain pembelajaran teorema pythagoras berbasis technological pedagogical content knowledge (TPACK) dengan model inkuiri terbimbing. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 12–23. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2529
Meryansumayeka, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hiltrimartin, C. (2022). Designing geometrical learning activities assisted with ICT media for supporting students’ higher order thinking skills. Journal on Mathematics Education, 13(1), 135–148. https://doi.org/10.22342/jme.v13i1.pp135-148
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
Pramudita, G., Ariedhandy, M. R., & Ermansyah, M. R. (2023). Rancang bangun mesin perajang keripik pisang dengan sistem vertikal proyek akhir [Dipolma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/823
Pratiwi, I. R., Khrisnhaningsih, S. D., & Sari, E. M. (2023). Mathematical literacy (arithmetic & algebraic) billinguals for mechanical engineering students (1st ed). Polmanbabel Press.
Pratiwi, I. R., & Sari, E. M. (2022). Mathematical creative thinking mahasiswa di politeknik menggunakan blended learning dan LMS moodle. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1105–1115. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4840
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran brain-based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608
Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa melalui blended learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.
Said, S. ., Mohamad, E., Pikolo, M., Sihaloho, M., Laliyo, L. A. ., Ischak, N. ., & Salimi, Y. . (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 91–98. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14491
Sari, V. F., Saputra, F., & Rozani. (2023). Modifikasi sistem pemotongan pada mesin pencacah pelepah sawit dengan metode “double cutting principle” [Diploma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/839
Sepriyanto, & Kurniawan, S. (2021). Rancang bangun mesin pemotong karet gelang. Jurnal Inovator, 4(1), 5–9. https://doi.org/10.37338/ji.v4i1.160
Setiawan, A., Malik, A., Suhandi, A., & Permanasari, A. (2018). Effect of higher order thinking laboratory on the improvement of critical and creative thinking skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012008
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (1st ed). CV Nata Karya.
Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele’s theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44–59. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5280
Suherman. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57
Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining higher order thinking in Indonesian lower secondary mathematics classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.11000.277-300
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thinking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Widiastuti, Y., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22.
Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking process of concrete student in solving two-dimensional problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.9460.117-128
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108–122. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1374
Yulianasari, D., Misdalina, & Tanzimah. (2023). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Journal on Education, 6(1), 4043–4052. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3525