Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Strategi Every One Is A Teacher Here Dengan Pendekatan Metakognitif Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2529Keywords:
Every one is a teacher here, Metacognitive Approach, Math Communication SkillAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran strategi Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Pendekatan Metakognitif (PM) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, ditinjau dari kategori kemampuan awal matematika siswa (unggul dan asor) dan secara keseluruhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan strategi Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Pendekatan Metakognitif (PM) lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran biasa (PB) berdasarkan kategori Kemampuan Awal Matematika (KAM) (Unggul dan asor, 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan strategi Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Pendekatan Metakognitif (PM) lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran biasa (PB) secara keseluruhan.Downloads
References
Nurasyiyah, D.A. (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk
Pencapaian Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA.
Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesi, 6 (2): 117.
Ramdhani, R.F. (2011). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif
terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Tesis UPI
Bandung: Tidak dipublikasikan.
Jurnal PJME
Vol. 7 No. 1, Mei 2017, hal. 31-44
DOI: 10.5035/pjme.v7i1.2701
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme
Sarwono. (2007). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui
Pembelajaran dalam Kelompok Kecil dengan Strategi Mastrey Learning. Tesis UPI Bandung:
Tidak dipublikasikan.
Silberman, M.L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa
Cendikia