Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3731Keywords:
berpikir kritis, e-modul, kemandirian belajar, sigil softwareAbstract
Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam penggunaan e-modul berbantuan sigil software setelah pada materi kaidah pencacahan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, meliputi : (a) tahap perencanaan (planning), (b) tahap desain (design), dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alfa dan uji beta. Uji alfa dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Sedangkan uji beta terdiri dari dua tahap pengumpulan data, yaitu uji beta 1 dan uji beta 2. Pada uji beta 1 melibatkan 30 siswa kelas XII. Uji beta 2 melibatkan 27 siswa kelas XI SMKN Peternakan Lembang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket respon siswa, dan instrumen tes. Penelitian ini (1) menghasilkan e-modul berbantuan sigil software pada materi kaidah pencacahan, (2) produk yang dihasilkan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terbukti dengan penilaian ahli materi sebesar 4.19, penilaian ahli media sebesar 3.97, dan nilai effect size sebesar 4.37.Downloads
References
Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil
Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71.
https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499
Alperi, M. (2015). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar
Peserta Didik Role of Sigil Digital Learning Materials in Preparing the Students ’ Learning
Independence. 99–110.
Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk
melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF),
(November), 81–85.
Fausih, M., & T, D. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok
Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan
Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal
UNESA, 01(01), 1–9. Retrieved from
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375
Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). Pemanfaatan Software Sigil Sebagai
Media Pembelajaran E-Learning Yang Mudah , Murah Dan User Friendly Dengan
Format Epub Sebagai Sumber Materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan
Multimedia 2015, 25–30.
Nugraha, R. (2018). Penerapan Strategi MHM (Matjematical Habits Of Mind) Berbantuan
Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah
Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. UNPAS.
Nurhairunnisah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Matematika Pada Siswa SMA Kelas X. UNY.
Paradesa, R. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan
Konstruktivisme Pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika
RAFA, 1(2), 306–325.
Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME)
Vol. 11 No. 1, Mei 2021, hal. 18-35
DOI 10.5035/pjme.v11i1.3731
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme
Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 771–777.
Rahmawati, A., & Rizki, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai-nilai Islam Pada
Materi Aritmetika Sosial. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika. 6 No.1, 81–88.
Sari, A. S. (2016). Pengembangan buku digital melalui aplikasi sigil pada mata kuliah cookies
dan candys. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54. Retrieved from
http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/1226/412
Sugiharti, D., Supriadi, S., Andriani, N., & Siska. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E
Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41–48.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D).
In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005
Sukmadinata, N. . (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wulandari. (2013). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung
Bahan Ajar Pada Materi PPh PASAL 21. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73.
https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration
of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical
creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in
Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915
Yogiyatno, W., & Sofyan, H. (2013). Pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar
mengoperasikan software basis data untuk SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan
Vokasi, 3(3), 391–404. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.185.