IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 6 MATH N SCIENCE FOR REAL UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LINUMASI KELAS V SD NEGERI JATIROTO 01 PATI

Authors

  • Ahmad Rijal Hakim Fathulloh Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13067

Keywords:

Literacy, Numeracy, PMRI, Mathematics, Natural Science.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas V dengan penerapan program Teaching Campus 6 Math N Science For Real; (2) mendeskripsikan keuntungan penerapan program Teaching Campus 6 Math N Science For Real. Luminacy merupakan kemampuan kognitif yang menitikberatkan pada keterampilan literasi dengan mencapai pemahaman membaca dan menulis, serta numerasi dengan mencapai penguasaan pengolahan angka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jatiroto 01 yang berjumlah 9 orang, dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil pretest dan posttest Linumasi menunjukkan aspek literasi mengalami peningkatan rata-rata skor dari pretest ke posttest sebesar 40, dari 35,5 menjadi 75,5. Sedangkan aspek numerasi mengalami peningkatan rata-rata skor dari pretest ke posttest sebesar 28,4, dari 32,7 menjadi 61,1. Persentase peningkatan skor literasi dan numerasi sebesar 100%. Dari sembilan nilai siswa kelas V semuanya mengalami peningkatan dari pretest ke posttest

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Panca Dewi Purwati

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

References

Al Jannah, N. N., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2023). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PMRI DAN KONTEKS ISLAM MELAYU PADA PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI PRISMA DAN LIMAS BERBASIS CANVA. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 27-39.

Defa, D. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga Bilangan Bulat pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 397-410.

Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022, April). Pengaplikasian PMRI dengan soal HOTS guna meningkatkan kompetensi literasi numerasi dalam asesmen kompetensi minimum. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 138-148).

Inayah, A. N. A. I., Nagari, G. P., Setiawan, K., & Anisah, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi-Numerasi untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 106-113.

Jenanda, B. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX. 2 SMP N 1 KEC. Situjuah Limo Nagari.

Meilindawati, R., Wardono, W., & Wijayanti, K. (2023). LITERASI NUMERASI SISWA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN SOAL HOTS. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 469-474.

Pribadi, R. A., Mahdayana, D., & Zahra, Z. R. (2021). STRATEGI PENGUATAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SD CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL KELAS IV. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandir, 7(2), 460–471.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Simbolon, A. K. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI). Nusantara Hasana Journal, 3(7), 113-119.

Downloads

Published

2024-03-20