ANALISIS MODEL PBL BERBANTUAN CGI ANIMATED SHORT FILM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK KELAS RENDAH

Authors

  • Fatimah Nurul Izzah Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13224

Keywords:

Keterampilan Menyimak, Problem Based Learning, CGI Animated Short Film

Abstract

Menyimak merupakan adalah satu aspek keterampilan berbahasa yang penting dalam proses pembelajaran, terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan menyimak berkaitan dengan kemampuan dalam menunjukkan minat pada tuturan yang didengar dan dapat memahami pesan lisan. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam keterampilan menyimak adalah tidak dapat memberikan perhatian penuh dan fokus pada pembelajaran, terutama pada saat memahami isi teks yang didengar dan dibacakan. Penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi dapat membantu peserta didik untuk berpikir kritis, dan dapat membantu dalam menganalisis informasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak teks aural siswa kelas rendah dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media CGI Animated Short Film. Media ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan fokus peserta didik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara non tes yaitu dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, serta dokumentasi. Model pembelajaran ini melibatkan orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Melalui media CGI Animated Short Film akan menuntun peserta didik menjadi lebih fokus dan menaruh perhatian penuh pada materi. Peserta didik akan lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar karena proses dari pembelajaran berbasis masalah ini dilakukan dengan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmawati, F., dkk. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. PIANIS: Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 1

Haya, R. R., (2022) PENGARUH MEDIA VIDEO INSPIRATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELAS V SD ALGHOZALI. Skripsi (S1) thesis, FKIP UNPAS.

Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2017) Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaksis Dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri. Jurnal Visipena 8(2).

Nandifa, N. K., dkk. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI SAWAH BESAR 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Vol. 09 No. 02.

Rahman, M. H., & Zulaeha I. (2015). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/download/8926/5849

Rahmawati, L. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Susilo. (2019). Kendala Guru SD dalam Menerapkan Penilaian Autentik pada Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Urrohman, S., dkk (2015). PENERAPAN MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS V SD. KALAM CENDEKIA Vol. $ No. 2.

Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3.

Downloads

Published

2024-04-11