STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN 38 CAKRANEGARA

Authors

  • Aolia Zumaro Universitas Mataram
  • Darmiany Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13220

Keywords:

Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Perkalian, Pembagian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian, jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian, serta strategi guru mengatasi kesulitan belajar siswa kelas tinggi dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian di SDN 38 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan strategi guru mengidentifikasi kesulitan belajar siswa kelas tinggi dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian, yakni dengan memberikan tes awal kepada siswa, memperhatikan perilaku siswa yang tidak wajar, dan menganalisis hasil belajar yang didapat oleh siswa dari latihan maupun ulangan. Jenis kesulitan yang dialami siswa kelas tinggi dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian berupa siswa sulit melakukan operasi hitung dasar, sulit memahami konsep, sulit dalam memecahkan masalah, sulit dalam menghapal perkalian, sulit berkonsentrasi, dan cepat jenuh serta mudah lupa. Strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas tinggi tersebut, yakni dengan memberikan bimbingan belajar, memanfaatkan media pembelajaran, menerapkan metode tutor sebaya, dan mengatur tempat duduk siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45-50. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3273

Amalia, Dea Rizka. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian pada Pembelajaran Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 945-957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549

Andriana, Encep dkk. (2023). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Tembong 2. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5

Babys, U. (2017). Kemampuan Literasi Matematis Space and Shape dan Kemandirian Siswa SMA pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 43-49. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82

Cahyadi, Fajar & Husni Wakhyudin. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 183-190. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i2.9356

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fajrie, Nur dkk. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian pada Siswa Kelas 4 SD 4 Kaliwungu. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi, 2(3), 478-483.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Fitri, Maria. (2019). Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Rumah Jurnal Uin Alaudin Makasar, 8(2), 353-362. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12405

Gustiawati, R., Fahrudin, & Muhammad Muri S. (2014). Implementasi Model-model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah SOLUSI, 1(03). https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Hanim, Imtihan dkk. (2022). Psikologi Belajar. Tangerang: Wade Group

Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. In: PROSIDING: Internasional Counseling and Education Seminar, 143-148.

Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Oeprasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129-138. http://dx.doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.35479

Indrawati, Delia & Siti Partini Suardiman. (2013). Pengembangan Media Travel Game Untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematika SD Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 135-146. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2631

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.91

Istiqamah, I. & Ichsan, I. (2021). Masalah Lupa, Kejenuhan dan Kesulitan Siswa Serta Mengatasinya dalam Pembelajaran di MI/SD. Limas PGMI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 103-111. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v2i1.7671

Izzudin, Ahmad. (2019). Efektivitas Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII MA Muallimin NW Gunung Rajak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 26-44. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i2.211

Jayadi, A. R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Kelas 3 Melalui Permainan Loncat Katak. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 179-186. https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i1.32380

Jediut, Mariana & Fransiska J. M. (2021). Penggunaan Metode Tutor Sebaya dalam Membantu Peserta Didik yang Berkemampuan Rendah pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 134-140. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.859

Mayasari, D., & Istirahayu, I. (2018). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Control untuk Mereduksi Perilaku Mnyontek Siswa SMP Negeri di Kota Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingingan Konseling Indonesia), 3(2), 55-58. https://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i2.754

Meilida, A. (2022). Analisis Kesulitan Mengerjakan Perkalian dan Pembagian Pada Siswa Kelas VI Di SDN Dangu Hulu Sungai Tengah. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 38-45. http://dx.doi.org/10.57216/pah.v18i2.494

Nizaam, M. (2017). Perilaku Mencontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (Self Efficacy) Anak Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(1), 27-32. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.140

Nusroh, Siti & Eva Luthfi F. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71-92. http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145

Parnawi, Afi. (2020). Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pritama, D. (2015). Studi Tentang Upaya Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 1 Pengasih. Basic Education, 5(12), 1-10. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/1136/1008

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedaogy, 16(1),34-54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intelectually Repitition (AIR). Erudio Journal of Educational Innovation, 3(2), 67-83. https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/196

Rani, P., & Reni, N. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP Mengenal Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145-156.

Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. In: PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/768

Sihombing, J. S., Syahrial, s., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan, 7(3), 1003-1016. http://dx.doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177

Sinaga, J. D. (2018). Tingkat Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa. Journal of Education Counseling, 2(1), 43-54. https://doi.org/10.30653/001.201821.19

Susmono. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar dengan Penataan Tempat Duduk pada Siswa Kelas XI MIPA 1 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Magetan. TEACHING: Jurnal Inovasi dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 226-233. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1344

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Yeni, Ety Mukhlesi. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2(2), 2355-3650.

Yestiani, D. K., Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yudha, Redi Indra. (2019). Pemanfataan Media Pembelajaran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Kota Jambi. ELEKTIK: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirusahaan, 2(2), 232-240. http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v2i2.7881

Downloads

Published

2024-04-09

Most read articles by the same author(s)