MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NURUL IKHWAN KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21632Keywords:
Management, Head of Madrasah, Quality of EducationAbstract
Kepemimpinan Kepala Madrasah yaitu kemampuan untuk menciptakan perubahan
yang efektif dalam perilaku kelompok dan dapat mempengaruhi kegiatan kelompok
ke arah dan pencapaian tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan
Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Aliyah Nurul
Ikhwan Maros, 2) Mendeskripsikan Mutu Pendidikan di Madrasah Nurul Ikhwan
Maros. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala
Madrasah sudah melakukan proses manajerial dengan baik. Pada tahapan
perencanaan Kepala Madrasah memadukan antara pendekatan administratif
dengan pendekatan akar rumput yang disusun berdasarkan atas kebutuhan peserta
didik, semua elemen bekerja sama dengan baik sehingga menciptakan Suasana
yang baik, Pada bidang keuangan, Kepala Madrasah dibantu oleh bendahara dari
Tata Usaha untuk Menyusun RAPBM, SPP, pembayaran gaji, penggalian dana dan
pembuatan laporan keuangan. Dalam proses pengorganisasian Kepala Madrasah
melakukan dua tahapan yaitu tahapan tingkat struktural dan akademik, Madrasah
telah menerapkan fungsi strukturalisasi yaitu menempatkan personal dalam strukur
yang jelas, dalam hal ini menggunakan sistem komando. Tahapan pelaksanaan
administrasi dilakukan secara tertib dan Kepala Madrasah mengetahui
perkembangannya setiap bulan. Pembuatan laporan berupa statistik Madrasah
yang dilakukan setiap akhir bulan dan ditandatangani Kepala Madrasah sebagai
bentuk pengawasan dan tanggungjawab. Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah
Nurul Ikhwan Maros tergolong baik dan sudah sesuai dengan target visi dan misi
Madrasah, peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah dipengaruhi oleh banyak
faktor seperti peran Alumni, penggunaan Sosial media, sosialisasi yang baik dan
Manajerial Kepala Madrasah oleh pihak Madrasah dengan pihak-pihak non internal
Madrasah,Standar-Standar Nasional Pendidikan telah berjalan baik.
Downloads
References
Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer(Bandung: Alfabeta, 2020)
Bunyamin, Andi, Muhammad Said, Masdar Masud, and MuhammadYusuf, ‘Tipologi KepemimpinanKepala Madrasah Dalam
Meningkatkan KualitasPendidikan Pada MTS.N 1Makassar Sulawesi Selatan’,Journal of Gurutta Education(JGE), 1.2 (2021)
Kasmawati, Kasmawati, AbdulRahman Mus, Arief Halim, and AndiBunyamin, ‘Kepemimpinan KepalaMadrasah Dalam Mendukung
Peningkatan Mutu PendidikanIslam’, Idaarah: Jurnal ManajemenPendidikan, 6.2 (2022)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















