Strategi Guru Untuk Pencegahan Perilaku Bullying di UPT SMPN 4 Pinrang

Authors

  • Siti Nurazizah Sahar Putri Universitas Muslim Indonesia
  • Nurlaelah Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Setiawati Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29933

Keywords:

Strategi, Strategi Guru, perilaku bullying

Abstract

Bullying masih terjadi dilingkungan sekolah, padahal bullying adalah tindakan negatif yang seharusnya tidak dilakukan oleh peserta didik karena akan berdampak apada kesehatan fisik dan psikis peserta didik.oleh karena itu, guru sebagai pembimbing dan pendidik, perlu menerapkan strategi pencegahan perilaku bullying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di UPT SMPN 4 Pinrang, 2) Untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan guru dalam pencegahan perilaku bullying at UPT SMPN 4 Pinrang, 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pencegahan perilaku bullying.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan 08 Maret sampai dengan 10 Mei 2025. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bentuk bullying yang terjadi di UPT SMPN 4 Pinrang yaitu mengejek dengan nama orang tua, memberi julukan yang menyakitkan, mendorong teman, mendiami dan mengucilkan. 2) Strategi yang digunakan guru untuk pencegahan perilaku bullying di UPT SMPN 4 Pinrang adalah edukasi dan sosialisasi tentang bullying, menciptakan budaya sekolah yang positif melalui ekstrakurikuler, membuat tata tertib sekolah dan sanksi yang tegas serta membentuk komunitas anti-bullying. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pencegahan bullying adalah guru tidak mendapat pelatihan khusus, ketidakterbukaan peserta didik dan kurang pengawasan terhadap peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunyamin, A. (2021). Mengelola

Stres Dengan Pendekatan Islami

Dan Psikologis. Idaarah: Jurnal

Manajemen Pendidikan, 5(1),145.

https://doi.org/10.24252/idaarah.

v5i1.20971

Ghyna Amanda. (2024). Stop Bullying

A-Z Problem Bullying dan

Solusinya. Cemerlang

Publishing.

Hastia, Bunyamin, A., & Akil, M.

(2023). Peran Guru Pendidikan

Agama Dalam Membina Akhlak

Siswa Di MAN Gowa. Journal of

Gurutta Education, 2(2),

112–129.

https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.

1401

Muhammad Taslim Taswin. (2024).

Mencegah dan Mengatasi

Bullying. Penerbit Ruang Tentor.

Nur Setiawati. (2020). Cakap

Berkomunikasi: Seni Public

Speaking dan Berbicara

Komunikatif. CV Nakomu.

Nurlaelah. (2023). Upaya Sekolah

Dalam Menanggulangi

Kenakalan Peserta Didik di

SMPN 35 Makassar.

INNOVATIVE: Journal Of Social

Science Research, 3(3),

5168–5179.

Nursariani Simapatung. (2021).

Bullying Oleh Anak di Sekolah

dan Penceghaannya. Jurnal Ilmu

Hukum, 6(2), 449.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Mixed

Methods) (4th ed.). Alfabeta.

Yunidar dkk. (2024). Solusi Efektif

Cegah dan Tangani

Perundungan di Sekolah. Kaizen

Media Publishing.

Downloads

Published

2025-08-05