Strategi Guru Untuk Pencegahan Perilaku Bullying di UPT SMPN 4 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29933Keywords:
Strategi, Strategi Guru, perilaku bullyingAbstract
Bullying masih terjadi dilingkungan sekolah, padahal bullying adalah tindakan negatif yang seharusnya tidak dilakukan oleh peserta didik karena akan berdampak apada kesehatan fisik dan psikis peserta didik.oleh karena itu, guru sebagai pembimbing dan pendidik, perlu menerapkan strategi pencegahan perilaku bullying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di UPT SMPN 4 Pinrang, 2) Untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan guru dalam pencegahan perilaku bullying at UPT SMPN 4 Pinrang, 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pencegahan perilaku bullying.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan 08 Maret sampai dengan 10 Mei 2025. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bentuk bullying yang terjadi di UPT SMPN 4 Pinrang yaitu mengejek dengan nama orang tua, memberi julukan yang menyakitkan, mendorong teman, mendiami dan mengucilkan. 2) Strategi yang digunakan guru untuk pencegahan perilaku bullying di UPT SMPN 4 Pinrang adalah edukasi dan sosialisasi tentang bullying, menciptakan budaya sekolah yang positif melalui ekstrakurikuler, membuat tata tertib sekolah dan sanksi yang tegas serta membentuk komunitas anti-bullying. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pencegahan bullying adalah guru tidak mendapat pelatihan khusus, ketidakterbukaan peserta didik dan kurang pengawasan terhadap peserta didik.Downloads
References
Bunyamin, A. (2021). Mengelola
Stres Dengan Pendekatan Islami
Dan Psikologis. Idaarah: Jurnal
Manajemen Pendidikan, 5(1),145.
https://doi.org/10.24252/idaarah.
v5i1.20971
Ghyna Amanda. (2024). Stop Bullying
A-Z Problem Bullying dan
Solusinya. Cemerlang
Publishing.
Hastia, Bunyamin, A., & Akil, M.
(2023). Peran Guru Pendidikan
Agama Dalam Membina Akhlak
Siswa Di MAN Gowa. Journal of
Gurutta Education, 2(2),
112–129.
https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.
1401
Muhammad Taslim Taswin. (2024).
Mencegah dan Mengatasi
Bullying. Penerbit Ruang Tentor.
Nur Setiawati. (2020). Cakap
Berkomunikasi: Seni Public
Speaking dan Berbicara
Komunikatif. CV Nakomu.
Nurlaelah. (2023). Upaya Sekolah
Dalam Menanggulangi
Kenakalan Peserta Didik di
SMPN 35 Makassar.
INNOVATIVE: Journal Of Social
Science Research, 3(3),
5168–5179.
Nursariani Simapatung. (2021).
Bullying Oleh Anak di Sekolah
dan Penceghaannya. Jurnal Ilmu
Hukum, 6(2), 449.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Mixed
Methods) (4th ed.). Alfabeta.
Yunidar dkk. (2024). Solusi Efektif
Cegah dan Tangani
Perundungan di Sekolah. Kaizen
Media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.