Penguatan pendidikan karakter bagi siswa di sekolah dasar melalui kearifan lokal di Sd Negeri 2 Baranti
Keywords:
Character education, local wisdom, elementary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. Kearifan lokal adalah fenomena yang luas dan kompleks, yang memiliki keunikan dan keberagaman, serta tidak mengenal batasan ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi terkait penerapan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah dari siswa dan guru yang ada di SD Negeri 2 Baranti. Analisis data penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahap utama yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan gotong royong di SD Negeri 2 Baranti dapat menjadi sarana efektif dalam penguatan pendidikan karakter.Luaran dari penelitian ini adalah artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal, dengan harapan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam pendidikan karakter di sekolah dasar.Downloads
References
Al-Faaruuq, A. M., & AS, Z. (2020).
Kearifan Lokal Rumah
Tradisional Bugis Baranti di
Kabupaten Sidrap.
TIMPALAJA : Architecture
Student Journals, 2(1), 68–71.
https://doi.org/10.24252/timpalaj
a.v2i1a8
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A.
(2022). Penguatan Pendidikan
Karakter Peserta Didik melalui
Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 6(5),
8349–8358.
https://doi.org/10.31004/basiced
u.v6i5.3791
Arif, R. M. (2017). Implementasi
Pendidikan Karakter dalam
Pembelajaran Sains.
STILISTIKA: Jurnal Bahasa,
Sastra, Dan Pengajarannya,
2(1), 132–142.
https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.
385
Belinda, L. N., & Halimah, L. (2023).
Implementasi Pendidikan
Karakter Di Sekolah Dasar.Pedagogi: Jurnal Penelitian
Pendidikan, 10(1), 8–17.
https://doi.org/10.25134/pedago
gi.v10i1.7201
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan
Lokal Dalam Pendidikan
Karakter. Sosio-Didaktika:
Social Science Education
Journal, 1(2), 123–130.
https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.
1225
Gunawan, H. (2014). Pendidikan
Karakter konsep dan
implementasi. Alfabeta.
Lestari, T. W. (2022). Penerapan Nilai
Karakter Sikap Kepemimpinan
Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler
Pramuka di Sekolah Dasar
Negeri. Kognisi : Jurnal
Penelitian Pendidikan Sekolah
Dasar, 2(1), 26–34.
https://doi.org/10.56393/kognisi.
v2i1.348
Moghtad eri, M., Saffarinia, M., Zare,
H., & Alipour, A. (2020).
Peningkatan Karakter Gotong
Royong di Sekolah Dasar 225.
Quarterly Journal of Health
Psychology, 8(32), 73–92.
http://hpj.journals.pnu.ac.ir/articl
e_6498.html
Prabandari, A. S. (2020).
Implementasi Pendidikan
Karakter Di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 2(1), 68–71.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i
2.586
Saidah, K. (2017). Implementasi
Pendidikan Karakter Melalui
Pengenalan Nilai-Nilai Kearifan
Lokal di SDN Burengan 2 Kota
Kediri. Journal of Chemical
Information and Modeling,
53(9), 1689–1699.
http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/i
ndex.php/tarbiyatuna/article/vie
w/132/145
Setiyadi, A. C. (2010). Konsep
Demokrasi Pendidikan Menurut
John Dewey. At-Ta’dib, 5(1),
77–102.
https://doi.org/10.21111/at-
tadib.v5i1.585
Salwa, S., Hermuttaqien, B. P. F., &
Aras, L. (2023). Peningkatan
Hasil Belajar Matematika
Melalui Model Project Based
Learning pada Siswa Lelas IV
Sekolah Dasar. Sistem-Among :
Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar, 3(2), 73–79.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.