Penguatan pendidikan karakter bagi siswa di sekolah dasar melalui kearifan lokal di Sd Negeri 2 Baranti

Authors

  • Hasriani Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suhartini Khalik Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suardi zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nurlaelah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Keywords:

Character education, local wisdom, elementary school

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. Kearifan lokal adalah fenomena yang luas dan kompleks, yang memiliki keunikan dan keberagaman, serta tidak mengenal batasan ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi terkait penerapan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah dari siswa dan guru yang ada di SD Negeri 2 Baranti. Analisis data penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahap utama yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan gotong royong di SD Negeri 2 Baranti dapat menjadi sarana efektif dalam penguatan pendidikan karakter.Luaran dari penelitian ini adalah artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal, dengan harapan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam pendidikan karakter di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Faaruuq, A. M., & AS, Z. (2020).

Kearifan Lokal Rumah

Tradisional Bugis Baranti di

Kabupaten Sidrap.

TIMPALAJA : Architecture

Student Journals, 2(1), 68–71.

https://doi.org/10.24252/timpalaj

a.v2i1a8

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A.

(2022). Penguatan Pendidikan

Karakter Peserta Didik melalui

Pendekatan Pembelajaran

Kontekstual di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 6(5),

8349–8358.

https://doi.org/10.31004/basiced

u.v6i5.3791

Arif, R. M. (2017). Implementasi

Pendidikan Karakter dalam

Pembelajaran Sains.

STILISTIKA: Jurnal Bahasa,

Sastra, Dan Pengajarannya,

2(1), 132–142.

https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.

385

Belinda, L. N., & Halimah, L. (2023).

Implementasi Pendidikan

Karakter Di Sekolah Dasar.Pedagogi: Jurnal Penelitian

Pendidikan, 10(1), 8–17.

https://doi.org/10.25134/pedago

gi.v10i1.7201

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan

Lokal Dalam Pendidikan

Karakter. Sosio-Didaktika:

Social Science Education

Journal, 1(2), 123–130.

https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.

1225

Gunawan, H. (2014). Pendidikan

Karakter konsep dan

implementasi. Alfabeta.

Lestari, T. W. (2022). Penerapan Nilai

Karakter Sikap Kepemimpinan

Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler

Pramuka di Sekolah Dasar

Negeri. Kognisi : Jurnal

Penelitian Pendidikan Sekolah

Dasar, 2(1), 26–34.

https://doi.org/10.56393/kognisi.

v2i1.348

Moghtad eri, M., Saffarinia, M., Zare,

H., & Alipour, A. (2020).

Peningkatan Karakter Gotong

Royong di Sekolah Dasar 225.

Quarterly Journal of Health

Psychology, 8(32), 73–92.

http://hpj.journals.pnu.ac.ir/articl

e_6498.html

Prabandari, A. S. (2020).

Implementasi Pendidikan

Karakter Di Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 2(1), 68–71.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i

2.586

Saidah, K. (2017). Implementasi

Pendidikan Karakter Melalui

Pengenalan Nilai-Nilai Kearifan

Lokal di SDN Burengan 2 Kota

Kediri. Journal of Chemical

Information and Modeling,

53(9), 1689–1699.

http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/i

ndex.php/tarbiyatuna/article/vie

w/132/145

Setiyadi, A. C. (2010). Konsep

Demokrasi Pendidikan Menurut

John Dewey. At-Ta’dib, 5(1),

77–102.

https://doi.org/10.21111/at-

tadib.v5i1.585

Salwa, S., Hermuttaqien, B. P. F., &

Aras, L. (2023). Peningkatan

Hasil Belajar Matematika

Melalui Model Project Based

Learning pada Siswa Lelas IV

Sekolah Dasar. Sistem-Among :

Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar, 3(2), 73–79.

Downloads

Published

2025-07-09