PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO UNTUK SISWA KELAS VI SDN INPRES RATO

Authors

  • Muhammad Rizky Rahman PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Erfan PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23898

Keywords:

Media Wayang Kartun, Kearifan Lokal Suku Mbojo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototipe media Wayang Kartun berbasis kearifan lokal suku Mbojo untuk siswa kelas VI SDN Inpres Rato, mendeskripsikan validasi dan kepraktisan media Wayang Kartun berbasis kearifan lokal suku Mbojo untuk siswa kelas VI SDN Inpres Rato. Kebaharuan penelitian ini yakni lebih spesifik memperkenalkan kearifan lokal suku Mbojo yaitu dalam bentuk cerita rakyat Puteri La Hila dengan menggunakan media wayang kartun.  Metode penelitian  ini menggunakan  Research and Development (R&D) menurut Borg And Gall dengan analisis validasi media Aiken’ V.  Hasil penelitian yaitu validator materi mendapatkan  nilai 0,8 dan validator media 0,9 menunjukkan media sangat valid. Penerapan skala kecil  mendapatkan persentase kepraktisan 94,2%, penilaian observer pada uji penerapan  88,75%, dan hasil respons kepraktisan skala besar 91,3%. Kriteria penilaian media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo dari hasil uji penerapan menunjukkan bahwa media sangat praktis dan  layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2020). Kajian Tentang Keaktifan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD . PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166-176.

Anwar, A., S., Irfansyah, I., Sulistyaningtyas, T. (2023). Perancangan Adaptasi “Gaya Stilasi” Tokoh Wayang Kulit Untuk Pemanfaatan Pada Virtual Reality (Studi kasus: Tokoh Rahwana). Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 26(1), 47-56.

Ariani , N., Masruro, Z., Saragih, S., Hasibuan, R., Simamora, S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Assyauqi, M. (2020). Model Pengembangan Borg and Gall. Researchgate, 1-4.

Athifah, N., Zain, M., & Ermiana, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Journal of Classroom Action Research 1(2), 187-195.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi "Kata Fisika" Berbasis Android Untuk Anak Sekolah Dasar Pada Materi Konsep Gaya. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46.

Fitriani. (2024). Pengembangan Media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo Muatan Pembelajaran IPS Untuk Siswa Kelas IV SDN Sangari Kab.Bima. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (hal. 67-71). Mataram: Universitas Mataram.

Gunayasa, I., Zain, M., Wardani, K., & Astria, F. (2021). Penyuluhan Tentang Pengembangan Literasi Baca dan Numerasi Melalui Media Pop-Up Box di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Praya Lombok Tengah. JURNAL INTERAKTIF: Warta Pengabdian Pendidikan 1(2), 1-10.

Helaluddin, Tulak , H., & Rante, S. (2020). Penelitian & Pengembangan : Sebuah Tinjauan dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Serang: Media Madani.

Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio 8(3), 893-898.

Panggabean, M., Guslinda, & Kurniaman, O. (2022). Pengembangan Media Wayang Kartun Untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 197–209.

Payanti, D. (2022). Peran Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. SANDIBAHASA (Seminal Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I) 1(1), 464-475.

Qolbuani, L., Tahir, M., & Rosyidah, A. (2022). Pengembangan E-Modul Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD Negeri 27 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2342–2350.

Rizki, C., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Untuk Siswa Kelas IV SDN 2 Kayangan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 240-246.

Rosa, D., Suastra, W., I., & Sariyasa (2023). Media Pembelajara Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk siswa Kelas 1 Sekolah Dasaer. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembalajran, 7(3), 443-450.

Suharman, Y., Sejati, P., S., & Pratama, A., D. (2019). Peningkatan Pengetahuan Tentang Pembangunan Berkelanjutan Menggunakan Media Cerita Bergambar Di Tingkat Sekolah Dasar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1232-1239.

Tahir, M., Sobri, M., Novitasari, S., & Fauzi, A. (2024). Analisis Implementasi Program Sabtu Budaya Di Sekolah Dasar Kota Mataram Terhadap Literasi Budaya Peserta Didik. Journal on Education, 6(2), 15511-15527.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>