PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS IV DI SDN 27 CAKRANEGARA

Authors

  • Marniati Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28722

Keywords:

Problem Based Learning, wordwall, pemahaman konsep IPA

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV di SDN 27 Cakranegara masih belum maksimal. Permasalahan tersebut di sebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) dan bukan berpusat pada peserta didik (Student Centered Learning). Selain itu, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV di SDN 27 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan tipe Pre-Test Post-Test Control Group Design. Hasil uji hipotesis di peroleh melalui uji independent sample t test mendapatkan sig. 0,024 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,324 > 2,011, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dilihat dari kelima sintaks model pembelajaran problem based learning terdapat 3 sintaks yang paling memberikan pengaruh terbesar terhadap indikator pemahaman konsep konsep IPA; (1) mengoorganisasikan peserta didik untuk belajar, (2) membimbing penyelidikan kelompok, dan (3) mengembangkan dan menyajikan hasil. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media wordwall terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV di SDN 27 Cakranegara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Fiteriani, I., & Baharudin, B. (2018). Analisis perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang berkombinasipada materi IPA di MIN Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 1-30.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 2015, pp. 597-602).

Hidayat, R., Ilhamdi, M. L., Astria, F. P., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pelajaran IPA SDN 47 Cakranegara. Progres Pendidikan, 4(3), 154-161.

Lailaturrahmah, E., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Retensi dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Peserta Didik SD. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 1(1), 1-11.

Malna, A. A., Zen, Z., Syafril, S., & Hendri, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika di SMAN 1 Gunung Talang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4499-4508.

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022) Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1) 2614–2015.

Pahlawan, J. (2024). Penggunaan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Listrik Untuk Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).

Rahmatih, A. N., Fauzi, A., Ermiana, I., Handika, I., & Rosyidah, A. N. K. (2024). Media Manipulatif Papan Peredaran Darah Manusia: Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Biochephy: Journal Of Science Education, 4(1), 392-399.

Saputra, D. D., Tahir, M., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Metode Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 3(1), 1-9.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(2), 93-99.

Suardana, P. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270-277.

Sufi, L. F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 260-267.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa peserta didik kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690.

Tahir, M., Sobri, M., Zain, M. I., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2023). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Bagi Peserta Didik SDN dalam Lingkungan Masyarakat Desa Karang Bayan, Lingsar, Lombok Barat. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 6(1), 11-20.

Downloads

Published

2025-07-09

Most read articles by the same author(s)