PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24225Keywords:
Learning Model, Take and Give, Communication Skills, Mathematics, Elementary EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran "Take and Give" terhadap peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika di SDN Tambakrejo 01 Semarang. Menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experiment One Group Pretest Posttest, penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas V. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan efektivitas model "Take and Give" dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa selama pelajaran matematika, khususnya pada materi pecahan. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest, diikuti dengan analisis menggunakan uji normalitas dan uji t berpasangan. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata skor dari 71,00 pada pretest menjadi 75,52 pada posttest, yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi. Uji t berpasangan mengungkapkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang menunjukkan perbedaan signifikan secara statistik antara skor pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran "Take and Give" berdampak positif terhadap kemampuan komunikasi siswa, menekankan pentingnya metode pembelajaran interaktif dalam hasil pendidikan.Downloads
References
Adnan K, Rukayah Rukayah, Sudarto, N. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Agustianti, R., Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A. ni, Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. In Tohar Media (Issue Mi).
Al-Falah, M. R., Imron, A., & Basri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal FKIP UNILA, 01(01), 1–12.
Astutik, S. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2), 80–86. https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735
Habibi, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3399–3412. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1316
Hadi, S., Sholihah, Q., & Warsiman, W. (2022). Pembelajaran Inovatif Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Meningkatkan Kualitas Sikap, Minat, dan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(4), 905. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1148
Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran.
Ika, W., & Fatmawati, H. (2022). Application of the Take and Give Learning Method in Learning Physics to Improve Learning Outcomes and Student Activity. 2(3), 2020–2023.
Janati, S., Aryati, D., Mika, Swastini, Arif Wijaya, H., & Wulan Tersta, F. (2024). Profesionalisme Guru: Kopetensi Pedagogik Dan Kopetensi Sosial. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 10–24. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i1.825
Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(1), 20–26. http://dx.doi.org/10.3065
Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.
Labbaika, W. (2024). Pengaruh Inovasi Pendidikan Melalui peningkatan Profesional Pendidik Dalam pendidikan profesi guru. Cendekia Pendidikan, 3(6), 101–112. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/mendeley ctps/Wahdah Labbaik (1).pdf
Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399–410. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.576
Muzakki, H., Yulia Hidayatul Umah, R., & Mudawinun Nisa’, K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Rahma, G. (2016). English Teachers’ Teaching Strategy to Promote Students’ Writing Skills Amid the Covid-19 Outbreak.
Ramadhani, G. A. (2024). DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL. 5(2).
Sitopu, J. W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Budaya Literasi Dan Numerasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(1), 104–116.
Sola Grasia Purba. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SD N 060919 SUNGGAL. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 37–48.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Teofilus Ardian Hopeman, Nur Hidayah, W. A. A. (2022). Reality , Objectives , and Characteristics of Meaningful Social Studies Learning Application To. Artikel, 1, 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
Usmadi. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(3), 162–173.
Yuniendel, R. K. (2018). Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i1.286
Zahara, D., Meisahruni, R. S., & Purba, S. N. (2025). Tinjauan Komprehensif Berbasis Literatur : Penerapan Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Keaktifan Peserta Didik SD Comprehensive Literature-Based Review : Application Of Jigsaw Method In Social Studies Learning To Foster The Activeness Of Elementary School Students. 4427–4441.
Zahara, S., Aprinawati, I., & Masrul, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Take And Give Siswa Sekolah Dasar. Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.37985/refleksi.v1i1.157
Zainudin, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Take and Give Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Ar-Rahim Arjasa. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.54
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.