PENGEMBANGAN MEDIA WEB GOOGLE SITES BERBASIS ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN LOANG MAKA

Authors

  • Diana Novita Putri PGSD FKIP Universitas Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir PGSD FKIP Universitas Universitas Mataram
  • Lalu Wira Zain Amrullah PGSD FKIP Universitas Universitas Mataram
  • Mansur Hakim PGSD FKIP Universitas Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26005

Keywords:

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Web Google Sites, Etnosains, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Web Google Sites berbasis etnosains pada pembelajaran IPAS kelas V SDN Loang Maka. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model Hannafin & Peck melalui tahapan; a) analisis, b) desain, c) pengembangan dan implementasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 78,46% dengan kategori valid, hasil validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 94,28% dengan kategori sangat valid, hasil respon peserta didik memperoleh nilai sebesar 90,67% dengan kategori sangat praktis, dan hasil respon guru memperoleh nilai sebesar 97,14% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpilkan bahwa media pembelajaran Web Google Sites berbasis etnosains dinyatakan sangat layak dan sangat praktis diterapkan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(1), 3951-3955.

Al Mubarok, Y. B., Angga, P. D., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pysical Literacy Berbasis Google Sites di SDN 26 Ampenan. Global International Journal Of Innovative Research, 2(7), 1306-1319.

Andrasari, A. N., Haryanti, Y. D., & Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru SD. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 4(4), 76-83.

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ghanesa Singaraja, 2(1), 1-11.

Ghaniem, A. F., Rosa, A. A., Oktora, A. H., & Yasella, M. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta Selatan: Pusat Pembukuan.

Lestari, R. D., Disurya, R., & Tanzimah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Matematika Kelas IV SD. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4.

Nugraha dkk., (2023). Penerapan Model Hannafin dan Peck untuk Menguji Penerimaan dan Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam,3(2), 150-156.

Nurlita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran berbasis Etnosains dalamPembelajaran Tematik SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8 (1), 1-8.

Putra, I. T., Kartini , K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4 (2), 43-52.

Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan Media Google Sites Berbasis Ethno Sains pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 433. https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.16067

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Downloads

Published

2025-05-24

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>