PENGARUH STRATEGI DIRECTED, READING, THINKING, ACTIVITY (DRTA) DAN PENDEKATAN TaRL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Penelitian Kuantitatif (quasi eksperimental)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27666Keywords:
DRTA, TaRL, Kemampuan membaca pemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan pendekatan teacing at the right level (TaRL) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest dimana hanya dilakukan pada satu sekolah tanpa adanya pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 06 Pasir Jambak yang berjumlah 31 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik convenience sampling yaitu sampel tersebut ada pada tempat dan waktu yang tepat. Data penelitian ini berupa kemampuan membaca pemahaman yang dikumpulkan dengan tes objektif pilihan ganda yang dirancang sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan strategi DRTA dengan pendekatan TaRL. Rata-rata nilai posttest (84,35) lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest (80,32). Analisis statistik menggunakan uji t berpasangan (paired t-test) menunjukkan nilai signifikan (Sig. = 0.005 < 0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA dan pendekatan TaRL berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar.Downloads
References
Afdila, N., Suhartono, S., & Wahyudi, W. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi DRTA dan Media Cerita Bergambar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3).
Al-Janaydeh, K. A., & Al-Jamal, D. A. (2024). The Effectiveness of the Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy in Jordanian EFL Tenth-Grade Students’ Reading Comprehension. Dirasat: Human and Social Sciences, 51(6), 267–288.
Apriliana, A., Tatat Hartati, & Dadang Sunendar. (2024). Pengaruh Picture Word Inductive Model berbantuan Classpoint dan Wordwall terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2431–2448.
Fitriah, N. A., & Rahmah, M. (2024). Penerapan strategi drta dan pendekatan tarl untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 234-243.
Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2020). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh. Education Journal, 1(2), 107-21.
Manggalastawa, & Cahya Rohim, D. (2024). Pengaruh Metode Drta (Directed Reading Thinking Activity) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Iv Sd Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 5–13.
Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 87.
Rahmadhani, S. L. (2024). Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca pada Kelas V Sekolah Dasar. 793–799.
Rahmawati, A. (2018). Penerapan Sq3R Berbantuan Cerita bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Dan Hasil Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 126.
Satriani, Rahman, W. Z., Hikmah, N., & Fahira, A. (2022). Students Reading Comprehension Strategy: Directed Reading Thinking Activity (DRTA). ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(3), 423–432.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.