ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28673Keywords:
4C Skills, Independent Curriculum, Early ChildhoodAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka dalam meningkatkan keterampilan 4C anak usia dini di TK Al-Fatih. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Fatih Jambi sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran serta wawancara terhadap empat orang guru kelas B TK Al-Fatih. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat dilihat adanya pengaruh positif penerapan Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan keterampilan 4C anak usia dini, dimana anak-anak lebih aktif, kreatif, komunikatif, serta mampu bekerja sama dengan teman dalam berbagai aktivitas yang sesuai dengan tahapan perkembangan mereka.Downloads
References
Aditya, A., & Susanto, D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bagi Siswa Penyandang Tuna Rungu Berbasis Android. Jurnal Techno. Com, Query date: 2025-05-02 19:46:43. http://repository.stiki.ac.id/1926/
Afida, R. N. (n.d.). Literature Review: Peran Guru dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Fitriani, S. S. A., & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 21. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.8973
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312
Khusna, S. A. (2023). Kurikulum merdeka belajar melalui pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kompetensi 4C siswa Madrasah Ibtidaiyah. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI , 22-34.
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. 8(3).
Maryani, K., Khosiah, S., & Amaliah, S. (2022). Hubungan Menonton Video Youtube Dengan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 5 -6 Tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9841
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–68. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.1.52-68
Nugraha, M. F. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher.
Putikadyanto, A. P. A., Amin, Moh. B., & Wachidah, L. R. (2024). Mewujudkan Sekolah Ramah Anak: Implementasi Disiplin Positif dalam Kurikulum Merdeka. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 106–116. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12766
Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. 9(1).
Rosidah, S., Zulaeha, I., & Formen, A. (n.d.). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini di RA Nurul Haq Kudus.
Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353
Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796
Sit, M. K. (2016). Buku pengembangan kreativitas anak usia dini (teori dan praktik).
Sudarti, S., & Diana, D. (2023). Penerapan STEAM Untuk Mengembangkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 9(2), 293. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52533
Susanti, N., N, Y., Delima Kiska, N., Purwati, A., Yanti, N., & Khoni’ah, N. (2025). Keterampilan 4c dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.71417/ije.v2i1.230
Sussanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
Ubaidillah, R., Putri, D., Hauri, Y., Yuliani, R., Utami, WS, & Amanda, RS (2024). Lift The Flap Book: Media untuk Menstimulasi Kesadaran Bencana Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan , 5 (3), 2565-2572.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.