PENERAPAN MODEL CRITICAL THINKING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MTs BHAYANGKARA TALLO MAKASSAR

Authors

  • Sajidah Talfa Faticha Putri Universitas Muslim Indonesia
  • Rosmiati Rosmiati Universitas Muslim Indonesia
  • Muh Aidil Sudarmono R Universitas Muslim Indonesia
  • Subaedah Subaedah Universitas Muslim Indonesia
  • Ratika Nengsih Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.30419

Keywords:

Critical Thinking, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Berpikir Kritis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VIII MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan model ini mengikuti tahapan terstruktur meliputi pembukaan, inti, dan penutup. Tahap inti menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kolaboratif siswa dalam memahami materi SKI. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan model Berpikir Kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata meningkat secara signifikan dari 61,83% (kategori sedang) pada prasiklus menjadi 82,83% (kategori sangat tinggi) pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat drastis dari 33,33% (kategori kurang) menjadi 86,67% (kategori sangat baik). Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan model dalam mendorong pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala. Sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, terutama dalam diskusi kelompok. Perbedaan gaya belajar dan motivasi belajar yang belum optimal juga menjadi faktor penghambat dalam mencapai hasil belajar yang maksimal bagi sebagian siswa. Sebanyak 13,33% siswa masih berada pada kategori sangat rendah dan belum mencapai ketuntasan belajar pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan perlunya strategi tambahan untuk mengatasi kendala tersebut, seperti pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif dan berdiferensiasi untuk mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa, serta upaya peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan yang lebih menarik dan relevan dengan konteks kehidupannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apiati, Vepi, and Redi Hermanto. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):167–78. doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.601.

Fauziyah, Rizkiyani, Dasim Budimansyah, and Dwi Iman Muthaqin. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Civicus 20(1):15–25. doi: https://doi.org/10.17509/civicus.v20i1.22926.

Hasbullah. 2019. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.

Muntatsiroh, Addurorul, Rosmiati Rosmiati, and Fadriati Fadriati. 2023. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 4 Sijunjung.” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat 6(2):125–36. doi: https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i2.4887.

Nurjadid, Eka Fitria, Ruslan Ruslan, and Nasaruddin Nasaruddin. 2025. “Analisis Implementasi Ideologi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 5(2):1054–65. doi: https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1309.

Pristiwanti, D., B. Badariah, S. Hidayat, and S. Dewi, R. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):7911–15. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Revitasari, Revitasari, and Nurlizawati Nurlizawati. 2024. “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Dengan Metode Debat Terhadap Kemampuan Critical Thinking Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMAN 12 Padang.” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 3(3):181–90. doi: https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.220.

Robbani, Hamdan. 2025. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam 1(1):79–85.

Rusydi, Ananda., & Fitri, Hayati. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Utami, Handayani Budi, Ellis Salsabila, and Eti Dwi Wiraningsih. 2022. “Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Dunia Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):529–38.

Wardani, Nirmala Wahyu, Widya Kusumaningsih, and Siti Kusniati. 2024. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):134–40. doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389.

Downloads

Published

2025-07-17