PEMANFAATAN MEDIA WORDWALL DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS PERSUASI DI SD NEGERI KARANGBOKONG 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31248Keywords:
Wordwall, evaluasi pembelajaran, teks persuasi, media interaktifAbstract
Iim Karimah. 2025. Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Materi Teks Persuasi di SD Negeri Karangbokong 01. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhadi Setiabudi. Pembimbing I: Didik Tri Setiyoko, M.Pd, Pembimbing II: Laelia Nurpratiwiningsih, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media Wordwall dalam evaluasi pembelajaran materi teks persuasi serta untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya media tersebut. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya variasi media evaluasi pembelajaran yang digunakan guru, khususnya dalam materi teks persuasi, yang menyebabkan rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa. Wordwall sebagai media interaktif berbasis digital dinilai memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik dalam proses evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangbokong 01, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Tahun Pelajaran 2024/2025. Evaluasi dilakukan melalui tiga model permainan Wordwall, yaitu pengurutan grup, kartu lampu kilat, dan Whack a Mole. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall mampu meningkatkan partisipasi aktif dan antusiasme siswa dalam mengikuti evaluasi pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswa dalam tiga model permainan menunjukkan kategori “Sangat Baik” hingga “Baik”. Permainan pertama memperoleh rata-rata 91,5, permainan kedua 100, dan permainan ketiga 79,17. Selain memberikan variasi dalam evaluasi, media ini juga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Wordwall sebagai media evaluasi tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual.Downloads
References
Amalia, T. (2019). Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318–323.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2(3).
Auliya, A. (2021). Pengembangan instrumen evaluasi berbasis wordwall untuk mata pelajaran IPA SMP kelas VII [Doctoral dissertation]. UIN FAS BENGKULU.
Dewey, J. (1916). Democracy and education: An introduction to the philosophy of education. Middle Works, 9.
Fauqannuri, I. R. (2022). Penerapan Media Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 2 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Fauziah, U. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Menggunakan Model Quantum Writing Dan Model Instruksi Langsung Dengan Media Bagan Alir Teks Persuasi Bergambar Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang.
Frisila, M. (2022). Pengaruh penggunaan media wordwall terhadap minat dan hasil belajar siswa SD kanisius kadirojo yogyakarta kelas iv materi kpk dan fpb. Sanata Dharma.
Glaser, B., & Strauss, A. (1967). The Discovery of Grounded Theory Strategies for Qualitative Research. CA Sociology Press.
Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/SMP Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Heinich, R. (1996). Instructional media and technologies for learning.
Idzi’Layyinnati, M. F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis website (wordwall) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–32.
Islam, Md. K., Sarker, Md. F. H., & Islam, M. S. (2022). Promoting student-centred blended learning in higher education: A model. E-Learning and Digital Media, 19(1), 36–54. https://doi.org/10.1177/20427530211027721
Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep dasar perkembangan kognitif pada anak menurut Jean Piaget: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).
Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan sistem among dalam proses pendidikan suatu upaya mengembangkan kompetensi guru. Kwangsan, 8(1), 332453.
Moleong, J. L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Muharam, A., Mustikaati, W., Wulandari, A., Nurbaiti, N., & Prabowo, S. A. (2023). Implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dan konstruktivisme pada Kelas VI SDIT Cendekia. Journal on Education, 5(2), 1820–1825.
Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan dosen dan mahasiswa masa pandemik Covid 19: Dari gagap teknologi hingga mengeluh boros paket data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 37–46.
Muthoharoh, M. (2019). Media powerpoint dalam pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.
Nasyifa, F. (2023). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng [ PhD diss]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 161–171. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan [Bachelor’s thesis]. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.
Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.
Saputri, M. (2020). Pengaruh Media Iklan terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang. Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 152–165.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sulistyowati, E., Mahendra, G., Zubaidah, M., & Chamariyah, C. (2024). Analisis Pengaruh Komitmen Manajemen, Kesiapan Sumber Daya Manusia Dan Sistem Monitoring Evaluasi Terhadap Keberhasilan Implementasi Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi (Ppi) Di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 7(2), 14–20.
Toriqularif, M. (2019). Penelitian evaluasi pendidikan. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–76.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, BPK RI (2003).
Wahyuni, S. (2023). Riset Kualitatif: Strategi dan Contoh Praktis. Jakarta: Kompas Gramedia.
Yulasri, R. E. (2018). Konsep Pendidikan Sebagai Suatu Sistem Dan Komponen Sistem Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan-UNP.
Zahara, N. Z. N. (2018). Evaluasi pembelajaran online berbasis web sebagai alat ukur hasil belajar siswa pada materi dunia tumbuhan kelas X MAN Model Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.