“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPAS SDN 33 PAGARALAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31550Keywords:
Articulate Storyline, ADDIE, Ilmu Pengetahuan Alam dan SosialAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media PembelajaranInterkatif Articulate Storyline Berbasis Literasi Digital Pada Pembelajaran IPASKelas IV SDN 33 Pagaralam yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalampenelitian ini ialah peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri darilima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, angket, dokumentasi, soal tes, dan validasi prototype. Hasil analisisdata menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dengan kategori sangat validberdasarkan dua validator yaitu validator ahli media dan materi nilai rata-ratayang diproleh 90%, berdasarkan nilai rata-rata uji coba one to one, uji cobakelompok kecil dan uji coba kelompok besar nilai rata- rata yang diperoleh yaitu95,5 % dengan kategori sangat praktis dan sedangkan nilai rata-rata soal tes dari28 peserta didik yaitu 90,7% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan uraiandiatas maka produk yang dikembangkan peneliti dinyatakan layak digunakan.Downloads
References
Angraini, Y. (2025). Pengaruh Media
Pembelajaran Articulate
Storyline 3 terhadap
PeningkatanHasil Belajar IPAS
Materi Bagian Tubuh
Tumbuhan Siswa Kelas
IVSekolah Dasar. Jurnal Ilmiah
Ilmu Pendidikan, 8..
Herliana & Anugraheni. (2020).
Pengembangan Media
Pembelajaran Kereta
Membaca Berbasis
Kontekstual LearningSiswa
Sekolah Dasar. jurnal
basicedu.
Ibrahim, R. H. (2021).
Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif
Kurniawarsih, Rusmana. (2020).
Pengembangan Media
Pembelajaran KomikMardhina. (2022). Komik Online
Sebagai Inovasi Media
Pembelajaran Wayang Di Era
Digital. JISABDA.
Mashuri. (2019). Media Pembelajaran
Matematika. Yogyakarta:
januari 2019.
Motoh, T. C., Hamna, & Kristina.
(2022). Penggunaan Video
Tutorial Untuk Meningkatkan
Hasi Belajar IPS Siswa Kelas
VII SMP Negeri 3 Tolitoli.
Jurnal Teknologi Pendidikan
Madako, 1(1), 1-17.
Mufida, F. N. (2024). Pengembangan
media pembelajaran interaktif
berbasis Articulate Storyline
untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik mata
pelajaran IPA kelas 5 di SDN
Watugede 1 Kab.
Kediri (Doctoral dissertation,
iain Kediri).
Muhklis, D. A., Fiyani, C., & Pratama,
K. (2023). Tinjauan Literatur
Pemanfaatan Teknologi
Pembelajaran Terhadap
Keterampilan Literasi Digital
Pada Mata Pelajaran IPA di
Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan dan
Pembelajaran, 2(02), 13-27
Nurfadhillah, S. (2021). media
pembelajaran. Jawa barat: CV
jejak, anggota
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian
Pendidikan . Bandung:
ALFABETA,cv.Sugiyono. (2021). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif Dan R
&D. Bandung: Alfabeta, 238-
239.
Suprianti, S. S. (2024). Analisis
evaluasi dampak program
literasi digital pada industri
umkm terhadap pencapaian
indikator sdgs 2030. Jurnal
ilmiah researh student, 220-
229.
Susilowati, D. (2023). Peningkatan
Keaktifan Belajar Peserta Didik
Melalui Implementasi Metode
Eksperimen pada Mata
Pelajaran ipas. Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 1-11.
Trisiana. (2020). Penguatan
Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Melalui
Digitalisasi Media
Pembelajaran. Jurnal Ilmiah
Hasil Penelitian maupun
pemikiran Kritis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.