“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPAS SDN 33 PAGARALAM

Authors

  • Nilam Cahaya Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31550

Keywords:

Articulate Storyline, ADDIE, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media PembelajaranInterkatif Articulate Storyline Berbasis Literasi Digital Pada Pembelajaran IPASKelas IV SDN 33 Pagaralam yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalampenelitian ini ialah peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri darilima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, andEvaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, angket, dokumentasi, soal tes, dan validasi prototype. Hasil analisisdata menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dengan kategori sangat validberdasarkan dua validator yaitu validator ahli media dan materi nilai rata-ratayang diproleh 90%, berdasarkan nilai rata-rata uji coba one to one, uji cobakelompok kecil dan uji coba kelompok besar nilai rata- rata yang diperoleh yaitu95,5 % dengan kategori sangat praktis dan sedangkan nilai rata-rata soal tes dari28 peserta didik yaitu 90,7% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan uraiandiatas maka produk yang dikembangkan peneliti dinyatakan layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraini, Y. (2025). Pengaruh Media

Pembelajaran Articulate

Storyline 3 terhadap

PeningkatanHasil Belajar IPAS

Materi Bagian Tubuh

Tumbuhan Siswa Kelas

IVSekolah Dasar. Jurnal Ilmiah

Ilmu Pendidikan, 8..

Herliana & Anugraheni. (2020).

Pengembangan Media

Pembelajaran Kereta

Membaca Berbasis

Kontekstual LearningSiswa

Sekolah Dasar. jurnal

basicedu.

Ibrahim, R. H. (2021).

Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif

Kurniawarsih, Rusmana. (2020).

Pengembangan Media

Pembelajaran KomikMardhina. (2022). Komik Online

Sebagai Inovasi Media

Pembelajaran Wayang Di Era

Digital. JISABDA.

Mashuri. (2019). Media Pembelajaran

Matematika. Yogyakarta:

januari 2019.

Motoh, T. C., Hamna, & Kristina.

(2022). Penggunaan Video

Tutorial Untuk Meningkatkan

Hasi Belajar IPS Siswa Kelas

VII SMP Negeri 3 Tolitoli.

Jurnal Teknologi Pendidikan

Madako, 1(1), 1-17.

Mufida, F. N. (2024). Pengembangan

media pembelajaran interaktif

berbasis Articulate Storyline

untuk meningkatkan hasil

belajar peserta didik mata

pelajaran IPA kelas 5 di SDN

Watugede 1 Kab.

Kediri (Doctoral dissertation,

iain Kediri).

Muhklis, D. A., Fiyani, C., & Pratama,

K. (2023). Tinjauan Literatur

Pemanfaatan Teknologi

Pembelajaran Terhadap

Keterampilan Literasi Digital

Pada Mata Pelajaran IPA di

Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan dan

Pembelajaran, 2(02), 13-27

Nurfadhillah, S. (2021). media

pembelajaran. Jawa barat: CV

jejak, anggota

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian

Pendidikan . Bandung:

ALFABETA,cv.Sugiyono. (2021). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif Dan R

&D. Bandung: Alfabeta, 238-

239.

Suprianti, S. S. (2024). Analisis

evaluasi dampak program

literasi digital pada industri

umkm terhadap pencapaian

indikator sdgs 2030. Jurnal

ilmiah researh student, 220-

229.

Susilowati, D. (2023). Peningkatan

Keaktifan Belajar Peserta Didik

Melalui Implementasi Metode

Eksperimen pada Mata

Pelajaran ipas. Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 1-11.

Trisiana. (2020). Penguatan

Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Melalui

Digitalisasi Media

Pembelajaran. Jurnal Ilmiah

Hasil Penelitian maupun

pemikiran Kritis.

Downloads

Published

2025-08-06