UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA FLASHCARD KELAS V SD

Authors

  • Fernanda Putri Wulan PGSD FKIP Universitas Esa Unggul
  • Nurul Febrianti PGSD FKIP Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33348

Keywords:

Civic Education, Learning Outcomes, Flashcards

Abstract

The success of learning in elementary schools does not only depend on the content being taught but also on how teachers present media that are engaging and relevant to students’ needs. With this in mind, the present study explored the effectiveness of using flashcards to improve student learning outcomes in Civic Education for fifth graders at SD Negeri Pejuang V. The research was carried out using Classroom Action Research (CAR) based on Kemmis & McTaggart’s model, which involves four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The study involved 30 students from class V.3, with data collected through tests, observations, and interviews to provide a comprehensive view of students’ progress. The findings were encouraging: in the first cycle, the mastery level rose from only 20% in the pretest to 66.7% in the posttest. This improvement continued in the second cycle, where the mastery rate increased from 53.3% to 86.7%. Beyond academic achievement, both teacher and student engagement in the learning process also showed notable growth. In the second cycle, teacher activity reached 94.6%, while student activity was recorded at 87.5%. This means that flashcards not only help students to better understand the material and improve their learning outcomes, but also enliven the classroom atmosphere, foster more communicative interaction, and encourage students to participate more actively.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, T. M. N., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi.

Alfira, A., & Syofyan, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA daur kehidupan hewan siswa SD. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 177. https://doi.org/10.29210/022080jpgi0005

Alvani, E., Muharam, A., & Fajrussalam, H. (2024). Penggunaan model make a match berbantuan media pembelajaran flashcard untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 07.

Anggraeni, W., Dwi, F., & Santana, T. (2023). Media Pembelajaran Flashcard: Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 6(6), 2614–6347.

Antari, L. P. S., & Liska, L. De. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa.

Asrifah, S., & Arif, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. In index Buana Pendidikan (Vol. 16, Issue 30). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/

Dahlia, L. (2024). Relevansi Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Bangsa Pada Generasi Muda. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 3, Issue 12). http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Darmawati. (2023). Analisis Manajemen Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa Semester I Prodi Pendidikan Jasmani Unimerz Tahun 2022.

Febrianti, N., & Endah, J. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III SDN Keagungan 05.

Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., Cahyuni, R., & Khotimah, K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 2023.

Guntoro, M., Kurniawan, Z., & Rosalina, M. (2022). Warisan Budaya Dan Pengembangan Seni Kreatif. Barakuda, 45(2), 274–280. https://doi.org/10.47685/barakuda45.v4i2.319

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hawa, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas IX-E MTs Negeri Kota Kupang. JIP), 7(1).

Hayqal, M. R., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa. In Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 7, Issue 1). https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/index

Himmawati, I. (2022). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Flash Card.

Islamiyah, A. U. (2024). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Metode Four-Tier Diagnostic Test Pada Konsep Respirasi. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Jusuf, R., Papuangan, N., & Tamalene, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Circuiit Learning Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup.

Kurniawan, D., & Manurung, A. S. (2023). Keefektivitasan Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 8241–8250. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3479

Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179

Maeswaty, A. D., Mulyasari, E., & Rahmawati, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD (Issue 2).

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. In BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Dan Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta. 4(3).

Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 93–103. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i1.8638

Manurung, A. S., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah.

Marbun, S., & Nurhayatun, S. (2023). Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 54. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45327

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.

Motoh, T. C. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Tolitoli. In Jurnal Teknologi Pendidikan Madako (Vol. 1, Issue 1).

Mufidah, H. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.11980

Mustadi, A., Ainun, R., & Rochmah, K. (2020). SEKOLAH DASAR.

Nalapraya, S. P. (2023). Tugas, Peran, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.

Nanda, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif.

Nasution, L. A., Rambe, N. A., Bungana, R., Perangin-Angin, B., Medan, U. N., & Naskah, H. (2023). Analisa Efekivias Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Membangun Civic Disposition Murid dalam Konteks Kurikulum Merdeka Pada Siswa UPT SDN 19 Tanjung Harapan Afiliation. https://doi.org/10.47709/geci

Natalia, L., Saingo, Y. A., Agama, I., & Kupang, K. N. (2023). Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter dan Moral di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(10), 266–272. https://doi.org/10.5281/zenodo.10109883

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Oktavianti, U., & Febrianti, N. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Secara Daring di Madrasah Ibtidaiyah Al Mukhlis Jakarta Barat.

Oktiani, M., & Nugroho, O. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ICM Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan.

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan Pembelajaran.

Parwati, Y., Saylendra, N. P., & Nugraha, Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Meningkatkan Civic Disposition Siswa Pada Kurikulum Merdeka. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(9). https://doi.org/10.56393/decive.v3i9.1782

Pradana, R. A., & Santosa, A. B. (2020). Studi Literatur Media Pembelajaran Flash Card Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi.

Pradita, E., Megawanti, P., & Indraprasta PGRI, U. (2023). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta. In Original Research.

Pratama, F. R., & Komalasari, K. (2025). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Dukupuntang).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Damayanti, E., & Hilaliya, T. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4.

Purwaningsih. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi.

Putri, N. A., & Febrianti, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas III.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Raichanah, N., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Hoax. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262

Rindiana, D. R., & Rakhmawati, A. (2022). Identifikasi Materi Sulit Kompetensi Dasar Bakteri Pada Siswa Kelas X Semester I Di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. In Maret (Vol. 8, Issue 1). https://journal.student.uny.ac.id/

Rizaldy, M. I. N., Westi Andini, D., & Wahdan, M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Dengan Media Flashcard Kelas Iv Sd N Gunting. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3(1).

Samad, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Expressions Of Congratulating Others Melalui Metode Role Playing Di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Gorontalo. In Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS (Vol. 73, Issue 2). http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Santoso, R. D., Muharlisiani, L. T., & Rahayu, M. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IIA Melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Berbasis Media Flashcard. Journal of Science and Education Research, 4(1), 18–24. https://doi.org/10.62759/jser.v4i1.151

Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. 2(1), 56.

Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023.

Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2258

Sulistiasih. (2023). Evaluasi Hasil Belajar (Cetakan I). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas.

Syofyan, H., Susanto, R., Nugroho, O. F., Ramadhanti, D., Mentari, I., & Mahareka, R. (2020). Efektifitas Modul Berbasis Literasi Lingkungan Melalui Pendekatan Saintifik. https://doi.org/10.21009/JPD.011.19

Taufik, T., Ikrima Azmi, D., Nurul Ambami Zahire, I., Sa, N., Ernawati, N., & Wulandari, P. (2023). Pembelajaran Unsur-Unsur Bahasa Arab (Mufradat dan Qawaid) dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Flashcard di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Vol. 15, Issue 1). https://journaldiwan.ac.id

Wahab, A., Junaedi, & Azhar, Muh. (2021). Efektifitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain Di Pgmi.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 9–16.

Wati, P. R. (2021). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Penguasaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas I MI Brawijaya I Trowulan.

Zaenatun, A., Setiani, A. A., Farrah, R., Widyastuty, R., & Aeni, A. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(2). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd

Downloads

Published

2025-09-23