PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN BENTUK ENERGI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 34 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33599Keywords:
Media Wordwall, Pemahaman Konsep, Perubahan Bentuk EnergiAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Media pembelajaran interaktif diperlukan untuk membantu peserta didik memahami konsep materi dengan lebih mudah, salah satunya menggunakan media wordwall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap pemahaman konsep perubahan bentuk energi pada peserta didik kelas IV SDN 34 Mataram. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi experiment tipe Nonequivalent Control Grup dengan 10 soal pemahaman konsep IPAS dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran media wordwall sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Analysis of Covariance (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan perlakuan kelompok terhadap pemahaman konsep perubahan bentuk energi setelah mengontrol hasil pre-test. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (9,417) > Ftabel (4,080) dan nilai Sig. 0,004 (< 0,05), serta besar pengaruh media wordwall (ηp²) = 0,187 (18,7%), dengan kriteria pengaruh besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep perubahan bentuk energi pada peserta didik kelas IV SDN 34 Mataram.Downloads
References
Afiyah, N. N., & Wahyuningsih, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Game Tournament) Melalui Media Wordwall Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas Xi Sman 1 Menganti. Laterne, 12(3), 1-10.
Handoyo, T., & Mahmudah, U. (2024). Analisis Media Pembelajaran IPAS Berbasis Crossword Puzzle Pada Materi Rantai Makanan Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1532
Hidayati, T. N. (2023). Efektifitas Pengembangan Media Belajar Online Game Wordwall Mata Pelajaran PAI SMPN 3 Bengkulu Tengah Di Era New Normal. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 147–156.
Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ppkn Di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526
Komalasari, F. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi IPS Mengenal Tokoh Pada Masa Penjajahan (S1 thesis). Universitas Pendidikan Indonesia
Meysandi, S. I., Zumrotun, E., & Widiyono, A. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD. Kappa Journal, 8(2), 225–229. https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/27265
Padila, A. Munthe, W.M.L, Aditiya,W. (2024). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 8(2).2580-1147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7364
Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). London: McGraw-Hill Education.
Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386. https://10.29303/jipp.v7i2.466
Putri, N.M dan Hamimah. (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development. 3(1). 95-99. https://digitalpress.gaes-edu.com/index.php/jpled
Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Maping Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 560–566. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4713
Rengganis, M., Subekti, E. E., & Sumiyatun. (2024). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2). https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22448
Sinaga, E.S. Wedi,A. Kurniawan,C. (2025). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi belajar Siswa Terhadap Hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. 11(3)
Sukmawati, H., Rohana, S., Intiana, H., & Handika, I. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research . 7(1).
Susanto, A. (2019). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taroreh,. L.H.J. (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA.Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Usia Dini. 1(1). https://doi.org/10.70134/pedasud.v1i1.198
Utomo, F.T.S. (2023) Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(2). 3635-3645. 10.23969/jp.v8i2.10066
Widiyanto, R. (2020). Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zaharah et al. (2024). How To Develop Dalam Fungsi Dan Manfaat Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. 3(2). 41-51. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2065
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.