PENGARUH ASSEMBLR EDU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI BIODIVERSITAS SISWA SMA NEGERI 25 BONE

Authors

  • Normah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Nurmi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Sri wahyuni Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35364

Keywords:

Kata Kunci: Assemblr Edu, Literasi Biodiversitas, Media Pembelajaran

Abstract

Penurunan pemahaman siswa terhadap konsep biodiversitas menuntut inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Assemblr Edu berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan literasi biodiversitas siswa SMA Negeri 25 Bone. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design tipe Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan X.4 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket keterampilan literasi biodiversitas dan observasi selama proses pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro–Wilk, uji homogenitas Levene’s Test, dan uji Independent Sample t-test dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, serta terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,013 (<0,05), yang menandakan adanya pengaruh positif penggunaan Assemblr Edu terhadap peningkatan keterampilan literasi biodiversitas siswa. Kesimpulannya, penerapan media Assemblr Edu efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep keanekaragaman hayati melalui pengalaman belajar yang interaktif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi Augmented Reality sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan biologi guna memperkuat literasi sains dan kesadaran lingkungan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Z., & Rahman, Z. A. (2022). Penggunaan media pembelajaran Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 514–521.

Dewi, I. A., Chairudin, M., Nurhanifah, N., & Yustianingsih, T. (2022). Studi literatur pemanfaatan aplikasi Assemblr Edu sebagai media pembelajaran matematika jenjang SMP/MTs. Community Development Journal, 4(2), 1312–1318.

Fitriani, L., & Hidayat, A. (2021). Pemanfaatan media digital interaktif untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 9(1), 45–53.

Nugrohadi, R., & Anwar, M. (2022). Pemanfaatan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Nusantara, 5(3), 125–134.

Rahmawati, E., & Nugroho, D. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(2), 88–97.

Rustaman, N. (2024). Kesadaran belajar siswa dalam pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 8(1), 1–9.

Suhartati, E. (2024). Efektivitas media berbasis Augmented Reality terhadap pemahaman konsep biodiversitas siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(2), 115–123.

Utina, R., Lino Padang, A., & Yunus, M. (2022). Literasi biodiversitas dalam pendidikan biologi sekolah menengah atas. Jurnal Ekopedagogik, 6(1), 45–53.

Wasis. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep keanekaragaman hayati di SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 78–85.

Downloads

Published

2025-11-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>