Pengembangan Modul Digital bagi Guru di SD Negeri Pannara

Authors

  • Nurul Ma'rifah Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikmah H Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar
  • Merrisa Monoarfa Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36505

Keywords:

Modul Digital, Canva, Guru Sekolah Dasar, Keterampilan Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut para pendidik untuk memiliki kemampuan
dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana pembelajaran. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pengembangan modul digital yang
bersifat interaktif dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk merancang
modul digital berbasis Canva sebagai panduan bagi guru guna peningkatan
kompetensi teknologi di SD Negeri Pannara. Penelitian ini menerapkan metode
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE, yang mencakup lima tahapan utama, yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, serta penyebaran angket kepada para guru sebagai pengguna modul.
Analisis data dilakukan secara deskriptif, untuk menilai tingkat validitas dan kepraktisan modul yang dikembangkan. Hasil pengujian validitas menunjukkan
bahwa modul digital berbasis Canva tergolong dalam kategori sangat valid, baik dari
aspek isi maupun tampilan. Adapun hasil pengujian kepraktisan pada kelompok
kecil memperoleh persentase yang menunjukkan kategori praktis, sedangkan pada
kelompok besar mencapai kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa
modul digital yang dikembangkan layak dan efektif dalam membantu para guru
meningkatkan kemampuan berteknologi dalam proses pembelajaran. Dengan
demikian, modul digital berbasis Canva berpotensi sebagai sarana inovatif yang
mendorong para guru untuk lebih kreatif, mandiri, dan adaptif terhadap kemajuan
teknologi pendidikan di era digital. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2013). Arikunto, suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta, Jakarta. PT Rineka Cipta.

Ariyanto, A., & Fauziati, E. (2022). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar dalam Perspektif Teori Belajar Konektivisme George Siemens. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 144–153. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2160

Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 76. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.166

Binthariningrum Hanatan, R., Yuniastuti, E., & Adi Prayitno, B. (2023). Developing Discovery Learning-based Interactive Digital Modules to Increase Students’ Learning Interest. Jurnal TELNODIK, 27(1), 81–98.

Di, V., & Bandar, S. (2024). CANVA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS PENGEMBANGAN E - MODUL BERBASIS.

Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.10477

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Jafar Adrian, Q., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 187. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020

Jusnita, S. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU SEKOLAH DASAR. JURNAL ABDIMAS AUDI, 2(2).

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Monoarfa. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1–7.

Novita, E. K. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 21 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Nurkhasanah, S., & Mahrusl, M. (2025). Journal of Nusantara Education. Journal OfNusantara Education, 2(April), 46–55. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2832491&val=25337&title=Pengaruh penggunaan web module fisika berbasis NTT’s local wisdom terhadap kemampuan berpikir kreatif

Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Pramesti, N. M., Trisnantari, H. E., & Sari, E. Y. (2025). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Materi Perubahan Wujud Zat Kelas IV Sekolah Dasar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(3), 556–563. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol4.iss3.1769

Purwasi, L. A., Refianti, R., & Pgri Silampari, U. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar Workshop on Using Canva Applications to Improve the Competence of Elementary School Teachers. Community Engagement & Emergence Journal, 3(3), 2022.

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555

Saputro, M.N.A., & Pakpahan, P. L. (2021). MENGUKUR KEEFEKTIFAN TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

SHELEMO, A. A. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM NURUL IMAN CARINGIN. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Syahrir1, A. P., Zahirah2, S. P., & Salamah3, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 1, 732–742.

Wengrum, T. ., & Nurhartanto, A. (2023). English for Spesific Purpose. ESQ English Course, 14(2), 148–153. https://esqcourse.com/english-for-specific-purposes/

Zainuddin Notanubun. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(1), 54–64. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Downloads

Published

2025-12-13

Most read articles by the same author(s)