UJI KEVALIDAN MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN PROGRAM “G7KAIH” PADA SMPN 4 SATAP MALANGKE

Authors

  • Andi Meisya Nurul Mauldiah Universitas Negeri Makassar
  • Muhaimin Burhanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Nurhikmah H Universitas Negeri Makassar
  • Suryadi Ishak Universitas Negeri Makassar
  • Safaruddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39414

Keywords:

infografis, G7KAIH, validitas media, karakter, ADDIE.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kevalidan media infografis berbasis program “G7KAIH” untuk mendukung pembelajaran pendidikan karakter di SMPN 4 SATAP Malangke. Menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, penelitian ini melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan desain, pengembangan produk, implementasi terbatas, serta evaluasi formatif dan sumatif. Validasi dilakukan oleh tiga ahli—materi, media, dan pembelajaran—menggunakan instrumen berbasis skala Likert. Tingkat kevalidan dihitung menggunakan rumus Aiken’s V dan menghasilkan indeks pada rentang 0,85–0,92 yang termasuk kategori sangat valid. Hasil uji coba siswa menunjukkan bahwa infografis mudah dipahami, menarik, dan membantu pemaknaan nilai karakter seperti gigih, gotong royong, adaptif, dan kreatif. Temuan ini menunjukkan bahwa infografis “G7KAIH” layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran karakter dan berpotensi meningkatkan keterlibatan serta pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldo, M. A., Prasetyo, Y. T., & Wulandari, S. (2021). Development of infographic-based instructional media using ADDIE model in junior high school learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 145–158.

Arsita, D., & Firmansyah, R. (2022). Effectiveness of visual infographic media to improve students’ conceptual understanding. Journal of Education and E-Learning Research, 9(3), 120–128.

Fitriani, N., Lestari, S., & Mahmud, A. (2023). Infographic media for strengthening students’ character values in SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–58.

Hidayat, T., & Nurhayati, R. (2020). ADDIE-based development of digital learning media for character education. Indonesian Journal of Instructional Media, 5(1), 30–41.

Khaeranda, A. T., Mansur, H., & Salim, A. (2024). The utilization of infographic-based learning media to increase students’ interest in learning. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(2), 210–220.

Lestari, S., & Purnama, D. W. (2023). The effectiveness of infographics towards students’ reading comprehension. Journal on Education, 6(1), 395–405.

Monika, K. A. L., Sariyasa, S., & Dantes, N. (2023). Infographic media increases learning interest, learning outcomes, and character of elementary school students. Jurnal Pendidikan Guru, 7(4), 233–245.

Nurhikmah, R., & Syahrul, M. (2021). Development of character education media using visual-based learning approaches. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 402–415.

Putra, I. K. S., Ratminingsih, N. M., & Utami, I. L. P. (2022). Infographics in higher education: Instructional media for students’ writing proficiency. Journal of Education Technology, 6(3), 560–567.

Retnaningtyas, N., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Sastromiharjo, A. (2024). Students’ abilities in reading infographic texts in junior high schools. International Journal of Language Education, 8(2), 112–125.

Downloads

Published

2025-12-27

Most read articles by the same author(s)