TRANSFORMASI SUPERVISI AKADEMIK INTEGRATIF SETARA PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENDALAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37655Keywords:
supervisi akademik, integratif, setara, pembelajaran mendalamAbstract
Supervisi akademik memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kenyataannya, praktik supervisi yang bersifat hierarkis sering membatasi ruang refleksi guru. Artikel ini membahas transformasi supervisi akademik yang integratif dan setara untuk mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam. Pendekatan ini menempatkan guru sebagai mitra pembelajar, sehingga menciptakan lingkungan supervisi yang lebih humanis, dan kolaboratif. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen pada praktik supervisi di sekolah menengah pertama diKabupaten Rembang. Analisis data disajikan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan yang divalidasi dengan triangulasi sumber dan metode. Transformasi supervisi diamati melalui keterlibatan berbagai aktor, yaitu pengawas, kepala sekolah, guru senior, dan guru peserta pelatihan Pembelajaran Mendalam. Para stakeholder berkolaborasi untuk memberikan pendampingan profesional yang lebih komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi integratif dan setara mampu menghilangkan jarak hierarkis, meningkatkan rasa nyaman, serta memperkuat budaya refleksi dan kolaborasi. Supervisi tidak lagi dipandang sebagai kontrol, melainkan sebagai proses belajar bersama yang berorientasi pada perbaikan. Pendekatan ini memberikan dampak positif terhadap implementasi Pembelajaran Mendalam. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kreativitas, inovasi, pemahaman pedagogis, serta keterlibatan siswa dalam proses belajar. Temuan ini menegaskan bahwa model supervisi yang humanis dan partisipatoris layak direkomendasikan sebagai strategi penguatan mutu pembelajaran di sekolah
Downloads
References
Anwar, M., & Sodik, H. (2025). Kerangka Konseptual Pembelajaran Mendalam ( Deep Learning ) dan Implementasinya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 17(1), 69–96.
Cahyanto, B. (2025). Implementation of Deep Learning for Strengthening Reading Literacy in Elementary School. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 219–235.
Diyanti, I. E., & Atikah, C. (2024). Peran Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 621–626.
Kosasih, A., Hyangsewu, P., Faqihuddin, A., Fakhruddin, A., & Sartika, R. (2025). Strategi Peningkatan Literasi Deep Learning bagi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Abad 21 melalui Kegiatan Pelatihan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 15, 652–661.
Meirina, R., Sartini, J., Nurwahidiansyah, D., Meirissa, L. V., Rokhaniah, I., Kartikasari, A., & Abdurrahmansyah, A. (2025). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam embelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9(5), 1621–1632.
Nur, E. S., & Suwandari, L. (2025). The Role of Academic Supervision Management with a Coaching Mindset in Developing Elementary School Teachers ’ Pedagogical Competence : Evidence from Two Schools in Sukabumi. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 4(4), 2208–2222.
Piandani, D. W., Sukamti, S., Protomo, D., Warman, W., & Masrur, M. (2025). Implementation of a Collaborative Approach in Class Supervision as an Effort to Improve Learning at SMKN 2 Bontang. Indonesian Journal of Education and Psychological Science, 3(4), 475–484.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoretis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.
Ramadhona, R. (2024). The Impact of Academic Supervision and Teacher Competence on Improving Teacher Competence. International Journal of Teaching and Learning, 2(9), 2555–2570.
Satria, H., Niswanto, N., & Ismail, I. (2025). The Role of Academic Supervision in Enhancing Teachers ’ Pedagogical Competence : A Case Study of South Aceh. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 4(1), 197–212.
Suryani, I., Khairudin, K., & Niswanto, N. (2024). Collaborative-Based Principal Academic Supervision on Teacher Competence. Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(4), 687–703.
Susanto, A. H., Sutopo, A., Wulandari, M. D., & Minsih, M. (2025). Supervisi Akademik sebagai Strategi Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 110–121.
Warman, W., Hermansyah, H., Kusmiati, T., Nurlelawati, N., & Junainah, J. (2024). Supervisi Akademik Kepala Sekolah yang Humanis dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi, 5(2), 222–231.
Yulidar, Y., Aswad, F. H., & Badrun, M. (2025). Implementasi Supervisi Akademik Berbasis Coaching Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Manajemen Pendidikan, 20(1), 187–196.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















