PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA MANIPULATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENYEBUT BERBEDA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rukono Rukono Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Suwito Eko Pramono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39208

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pecahan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui media manipulatif, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa, dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam penerapannya pada materi penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 30 siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, yang terbagi menjadi 15 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes essay 14 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (82,93) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (66,07). Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,6591 secara signifikan lebih besar dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,3409. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai t = 14,560 dengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan effect size Cohen's d = 5,32 (kategori sangat besar). Kesimpulannya, model CTL melalui media manipulatif efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, N. D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dengan Media Manipulatif. Journal of Education Action Research (JEAR), 5(2), 246–253.

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran (JP2), 2(2), 151–158.

Catherine. (2006). Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 31–42.

Fauziyah, R. I., Sutriyani, W., & Zumrotun, E. (2024). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika SD. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 407–417.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. In American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Methodology.

Hayati, R., Rakhmayanti, A., Septiani, S., Setiadi, K., Muhammadiah, M. U., Wijayati, I. W., & Talindong, A. (2025). Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka. Sada Kurnia Pustaka.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Maulani, G., Septiani, S., Mukra, R., Kamilah, A., Utomo, E. N. P., Dayurni, P., ... &, & Evenddy, S. S. (2024). Pendidikan di era digital. Sada Kurnia Pustaka.

Midah, M., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematik Untuk Siswa SD Kelas IV dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. COLLASE, 4(2), 257–265.

Mira, M. (2024). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 349–357.

Murjani, D., Kartini, N. H., & Elhawwa, T. (2023). Analysis of Students’ Difficulties in Understanding Concepts and Solving Fraction Problems in Class V of State Elementary School 5 Palangka. International Journal of Universal Education, 1(2), 51–55.

Nurhadi. (2018). Contextual Teaching and Learning. Universitas Negeri Malang.

Safari, Y., & Inayah, Y. (2024). Penerapan Teori Bruner dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka. Seroja: Jurnal Pendidikan, 3(1), 156–164.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742.

Sari, N., Missouri, R., Nababan, H. S., Wijayati, I. W., Nugroho, F. A., Septiani, S., & Kartika, D. (2025). MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN: Teori dan Praktik. Sada Kurnia Pustaka.

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edisi Khusus, 1, 63–75.

Yulianti, M., & Wardana, M. D. K. (2024). Problematika Penjumlahan Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cend.

Zainal, A. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Downloads

Published

2025-12-25