EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Juriyah Juriyah Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Suwito Eko Pramono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39456

Keywords:

Discovery Learning, Pendekatan Kontekstual, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Discovery Learning dengan pendekatan kontekstual terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental design dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (20 siswa) yang menerapkan model Discovery Learning dengan pendekatan kontekstual dan kelompok kontrol (20 siswa) yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep dan angket kemandirian belajar. Analisis data menggunakan uji N-gain, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene, dan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Discovery Learning dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan nilai N-gain kelompok eksperimen (0,6185) lebih tinggi dari kelompok kontrol (0,5155) dengan perbedaan yang signifikan (t = 3,747; p = 0,001); (2) tidak terdapat perbedaan signifikan pada pemahaman konsep matematika antara kelompok eksperimen (N-gain = 0,5854) dan kelompok kontrol (N-gain = 0,5976) dengan nilai t = -0,590 dan p = 0,559. Disimpulkan bahwa model Discovery Learning dengan pendekatan kontekstual efektif meningkatkan kemandirian belajar namun belum optimal dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang sisi datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alyusfitri, R., Jusar, I. R., Alyusfitri, R., & Pratiwi, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 530-541. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1750

Amelia, R., Hendriana, H., & Amelia, R. (2024). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 617-634. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4278

Amrillah, D., Fatmasari, R., & Santoso, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 617-634. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4278

Anirah, A., Azhari, R., Agussalim, N., Resky, A., Nurhayati, N., Zakir, C., Surgawi, K., & Darurahmat, A. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Menunjang Kualitas Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Di Desa Abbokongang. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10361

Arrahmah, J., Kusuma, Y. Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2), 1-10. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919

Fatunnisa, A., Mustikaweni, M. C. T., & Sutriyani, W. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Bebantuan Smartcard Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD Kelas II. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(2), 1-8. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.10356

Halawa, S., & Harefa, D. (2024). The Influence of Contextual Teaching and Learning Based Discovery Learning Models on Abilities Students' Mathematical Problem Solving. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711

Hanipah, N., & Kania, N. (2023). Unveiling the Power of Discovery Learning: Boosting Students' Mathematical Understanding and Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1-15. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2212

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal of Basicedu, 4(2), 239-249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Ibad, Z., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2018). Peran Modul Kontekstual pada Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-12. https://doi.org/10.31004/jpm.v7i2.318

Listyotami, M. K., Anwar, Y., & Bramana, S. M. (2024). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Kemampuan Koneksi Matematika, Berpikir Reflektif, dan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-15. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2024

Meilisa, M., Hamka, H., & Sahiruddin, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 391-400. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i1.74

Nadia, N., Yensy, N. A., Utari, T., Maulidiya, D., & Stiadi, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 1-12. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.1-12

Novianti, N., Salpina, S., & Abdillah, T. R. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2334

Panjalu, J. B., & Winanto, A. (2025). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Kemandirian Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.31004/jpd.v9i1.2025

Paputungan, K., Mamu, H., & Katili, A. S. (2022). Efektivitas Model Discovery Learning dan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.31004/jps.v10i1.2022

Rofek, A., Fernanda, P. T., & Fajri, N. A. (2025). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 700-707. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1406

Sari, P. M. N., Purnomo, D., & Adrianus, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Sendangmulyo 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2709

Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy, N., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). Efektivitas Penggunaan LKPD Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 1-10. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.1-10

Downloads

Published

2025-12-28