Transformasi Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Coaching: Studi Korelasional Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar

Authors

  • Subadri Subadri Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Harianingsih Harianingsih Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39062

Keywords:

kepemimpinan instruksional, supervisi akademik, coaching, kualitas pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi akademik berbasis coaching terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Bentarsari 01 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh guru berjumlah 8 orang yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan korelasi nonparametrik Spearman karena keterbatasan ukuran sampel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif sangat kuat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas pembelajaran guru (ρ=0,982; p<0,01); (2) terdapat hubungan positif sangat kuat antara supervisi akademik berbasis coaching dengan kualitas pembelajaran guru (ρ=0,982; p<0,01); dan (3) secara simultan kedua variabel independen memiliki korelasi sangat kuat dengan kualitas pembelajaran guru. Koefisien determinasi sebesar 96,4% menunjukkan bahwa kepemimpinan dan supervisi coaching memberikan kontribusi substansial terhadap kualitas pembelajaran. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya pengembangan kompetensi coaching bagi kepala sekolah sebagai strategi peningkatan mutu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, N. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: Systematic literature review. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 11(2), 89–102. https://doi.org/10.36706/jmmp.v11i2.29270

Baga, S., Taufiqurrahman, T., Alfauzi, F., & Cahyaningrum, W. A. (2024). Implementasi supervisi akademik dengan teknik coaching dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 272–284.

Carti, C., Pujiyati, W., & Senjaya, A. J. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen sarana prasarana terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di gugus rambutan kecamatan Jatibarang kabupaten Indramayu. Edum Journal, 10(1), 45–58.

Elfira, E., Rasdiana, R., Fitrawati, F., Jasman, M. W., Reski, K., Anwar, A., & Enaldi, E. (2024). How does principal’s instructional leadership shape teacher performance mediated by teacher self-efficacy in Indonesian education context? Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1401394

Fatmawati, N., & Hariyadi, A. (2024). Teknik coaching dalam supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru. Scientia, 3(2), 224–228. https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.308

Groenewald, E., Kilag, O. K., Cabuenas, M. C., Camangyan, J., Abapo, J. M., & Abendan, C. F. (2023). The influence of principals’ instructional leadership on the professional performance of teachers. Excellencia: International Multi-Disciplinary Journal of Education, 1(6), 433–443.

Hallinger, P. (2008). Methodologies for studying school leadership: A review of 25 years of research using the Principal Instructional Management Rating Scale. In Annual Meeting of the American Educational Research Association.

Hallinger, P., & Murphy, J. (1985). Assessing the instructional management behavior of principals. The Elementary School Journal, 86(2), 217–247.

Hanik, S. U., Hilmi, M. I., Rindriani, D., Meiyasinta, F., Arifin, M. R., & Antari, S. N. (2024). Peningkatan kualitas guru melalui supervisi akademik dengan tehnik coaching di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2456–2467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8088

Harlena, D. (2025). Supervisi akademik berorientasi coaching dan mentoring: Telaah sistematis terhadap efektivitas dan implementasi di sekolah. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.52166/jitim.v6i1.1121

He, P., Guo, F., & Abazie, G. A. (2024). School principals’ instructional leadership as a predictor of teacher’s professional development. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 9(1), 63. https://doi.org/10.1186/s40862-024-00290-0

Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312–1320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.901

Kemendikbudristek. (2023). Rapor pendidikan Indonesia 2023: Hasil PISA 2022. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Kilag, O. K. T., & Sasan, J. M. (2023). Unpacking the role of instructional leadership in teacher professional development. Advanced Qualitative Research, 1(1), 63–73.

Knight, J. (2007). Instructional coaching: A partnership approach to improving instruction. Corwin Press.

Kraft, M. A., Blazar, D., & Hogan, D. (2018). The effect of teacher coaching on instruction and achievement: A meta-analysis of the causal evidence. Review of Educational Research, 88(4), 547–588. https://doi.org/10.3102/0034654318759268

Monalisa, M., & Irfan, A. (2023). Tantangan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 7(5), 3228–3233. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6055

Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308–17313.

Setianingsih, E., & Hanif, M. (2024). Supervisi akademik dengan coaching model TIRTA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 4(2), 60–70. https://doi.org/10.51878/educational.v4i2.2891

Soro, S. H., Hakim, A. R., Rahayu, S., & Pangestuti, W. R. (2024). Implementasi supervisi akademik berbasis coaching oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar negeri Cicalengka 06 Kabupaten Bandung. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2235–2242. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1241

Suarni, Y. (2023). Meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui supervisi akademik dan coaching. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(3), 174–178. https://doi.org/10.38035/rrj.v5i3.748

Tunas, K. O., & Marbun, R. (2024). Kurikulum merdeka: Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan kebebasan dan fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040.

Wahyudi, E., Utaminingsih, S., & Ismaya, E. A. (2022). Efektivitas model supervisi akademik berbasis coaching MOTIRTAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1396–1408. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9189

Wang, Y., & Pan, H. (2023). Teacher self-efficacy and teaching practices: A systematic review. Teaching and Teacher Education, 125. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104038

Zulfahmi, Z., Nurmalina, N., & Hanafi, I. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di sekolah dasar. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(10), 3386–3402.

Zulfikri, A. (2023). Kurikulum merdeka: Pembelajaran berkualitas bagi semua. Siaran Pers Kemendikbudristek No. 023/sipres/A6/I/2023.

Downloads

Published

2025-12-23