IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • seviani Oktami Universitas Negeri Semarang
  • Noening Andrijati Universitas Negeri Semarang
  • Deni Setiawan Universitas Negeri Semarang
  • Ellianawati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37839

Keywords:

Penilaian Autentik, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kurangnya pemahaman guru terkait pengaplikasian asesmen otentik di sekolah dasar, terutama pemahaman, kemudian perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penilaian autentik dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri 9 Toboali dengan fokus pada tahap perencanaan, pelaksanaan, tindaklanjut, dan agar faktor pendukung dan penghambat implementasi pengaplikasian asesmen otentik mempengaruhi efektivitas implementasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus dengan pendekatan fenomenologi. Instrumen yang dikumpulkan adalah observasi partisipasi, wawancara, dan analisis dokumen, termasuk daftar periksa observasi, panduan wawancara, protokol dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman, terdiri dari pengurangan data, tampilan data, dan kesimpulan. Data yang diperoleh dari tulisan penelitian adalah sah dan dapat dipertanggungjawabkan melalui teknik triangulasi. Tahap perencanaan adalah persiapan yang komprehensif termasuk perumusan tujuan belajar, pembuatan rubrik, dan perancangan instrumen penilaian. Pada tahap eksekusi, guru menerapkan teknik asesmen otentik yang yaitu beragam asesmen kinerja, penilaian portofolio, asesmen berbasis proyek, dan asesmen diri. Tahap tindaklanjut merupakan program remedial dan pengayaan sesuai hasil asesmen. Faktor pendukungnya meliputi manajemen sekolah, fasilitas, dan kolaborasi yang baik, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, sumber daya teknologi, dan kompetensi. Kesimpulan yang diambil adalah implementasi asesmen autentik memiliki dampak baik terhadap pembelajaran siswa karena memberikan asesmen buruk terhadap tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penerapan asesmen otentik dalam Kurikulum Merdeka di lingkungan sekolah telah berjalan dengan baik secara bertahap melalui tahap perencanaan, eksekusi, dan tindak lanjut, meskipun ada kendala pada integrasi teknologi dan kualitas implementasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakker, A.-M., & Telli, S. (2023). Primary School Student’s Scientist Perception and their Attitudes towards Science: A Case Study. International Journal of Research in Education and Science, 9(2), 473–511. https://doi.org/10.46328/ijres.3087

Creswell, J. W. (2014). Design Research Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Annaba.

Fathoni, A. (2020). Abdul Hafid Rahman. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 71–73.

Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic assessment: Evaluation and its application in science learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 81. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.4

Kemendikbudristek. (2017). Sistem Penilaian Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013.

Kemendikbudristek 2022. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Dasar. In Kemendikbudristek (Issue 021). Laman litbang.kemdikbud.go.id

Mueller, J. (2005). The Authentic Asessment Toolbox, Enhacing Student Learning Through Online. Journal of Online Learning and Teaching, 1(1), 1–7.

Naamy, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar & Aplikasinya. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://repository.uinmataram.ac.id/2853/1/buku Metode Penelitian.pdf

Nabilah1, I. N. K., & Husniati1. (2021). IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN 50 CAKRANEGARA.

Wiggins, G. (2010). The Case for Authentic Assessment . 2(1990), 0–3.

Bakker, A.-M., & Telli, S. (2023). Primary School Student’s Scientist Perception and their Attitudes towards Science: A Case Study. International Journal of Research in Education and Science, 9(2), 473–511. https://doi.org/10.46328/ijres.3087

Creswell, J. W. (2014). Design Research Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Annaba.

Fathoni, A. (2020). Abdul Hafid Rahman. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 71–73.

Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic assessment: Evaluation and its application in science learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 81. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.4

Kemendikbudristek. (2017). Sistem Penilaian Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013.

Kemendikbudristek 2022. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Dasar. In Kemendikbudristek (Issue 021). Laman litbang.kemdikbud.go.id

Mueller, J. (2005). The Authentic Asessment Toolbox, Enhacing Student Learning Through Online. Journal of Online Learning and Teaching, 1(1), 1–7.

Naamy, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar & Aplikasinya. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://repository.uinmataram.ac.id/2853/1/buku Metode Penelitian.pdf

Nabilah1, I. N. K., & Husniati1. (2021). IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN 50 CAKRANEGARA.

Wiggins, G. (2010). The Case for Authentic Assessment . 2(1990), 0–3.

Bakker, A.-M., & Telli, S. (2023). Primary School Student’s Scientist Perception and their Attitudes towards Science: A Case Study. International Journal of Research in Education and Science, 9(2), 473–511. https://doi.org/10.46328/ijres.3087

Creswell, J. W. (2014). Design Research Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Annaba.

Fathoni, A. (2020). Abdul Hafid Rahman. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 71–73.

Hanifah, M., & Irambona, A. (2019). Authentic assessment: Evaluation and its application in science learning. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 81. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.4

Kemendikbudristek. (2017). Sistem Penilaian Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013.

Kemendikbudristek 2022. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Dasar. In Kemendikbudristek (Issue 021). Laman litbang.kemdikbud.go.id

Mueller, J. (2005). The Authentic Asessment Toolbox, Enhacing Student Learning Through Online. Journal of Online Learning and Teaching, 1(1), 1–7.

Naamy, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar & Aplikasinya. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://repository.uinmataram.ac.id/2853/1/buku Metode Penelitian.pdf

Nabilah1, I. N. K., & Husniati1. (2021). IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN 50 CAKRANEGARA.

Wiggins, G. (2010). The Case for Authentic Assessment . 2(1990), 0–3.

Downloads

Published

2025-12-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>