EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurohman Nurohman Universitas Negeri Semarang
  • Eko Handoyo Universitas Negeri Semarang
  • Wasino Wasino Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.39473

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, CTL, Pemahaman Konsep, KPK, FPB, Matematika Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan pemahaman konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pada siswa kelas V SD. Metode penelitian menggunakan quasi-experimental design dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa kelompok eksperimen di SDN Gunungtajem dan 15 siswa kelompok kontrol di SDN Tembongraja 02. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene, dan uji-t independen dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,69 (kategori sedang-tinggi) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol sebesar 0,33 (kategori sedang); (2) terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara kedua kelompok dengan nilai t-hitung 13,753 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, pendekatan pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep KPK dan FPB siswa kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M., & Jamilah, I. I. (2024). Introducing KPK and FPB Material Using Pahima Media (Mathematics Counting Board) for Grade V Students in Elementary School. Journal of Insan Mulia Education, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i2.182

Andriani, A., Anwar, A., & Ramadhani, R. (2025). Strategi Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.35931/jpion.v4i2.543

Annisa, S. A., Ainy, F. N., Adelia, V. A., Istiqomah, I. A., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 227–232. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3499

Arrahim, A., Sugiharti, R. E., Victorynie, I., & Zannati, E. (2023). The Influence of STAD Learning Model on the Mathematics Learning Outcomes of Elementary School Students. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 5(1), 59–71. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v5i1.8935

Bayhaqi, P., Ansor, A., & Safari, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Perkalian. Jurnal Basicedu, 8(6), 4521–4530. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.9484

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal Dinamika, 3(2), 112–126. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1847

Husna, A., Calam, A., & Mahmud, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 060954 Medan Marelan. Jurnal Cerdas Mahasiswa, 6(2), 85–96. https://doi.org/10.46772/cerdas.v6i2.1245

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106

Misqa, L., Oviana, W., Hayati, Z., & Jannah, M. (2024). Improving Student Learning Outcomes in Mathematics Learning through a Contextual Teaching and Learning Approach in Elementary Schools. Journal of Indonesian Primary School, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.35931/jips.v1i2.34

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.628

Muna, N., Ermawati, D., & Kironoratri, L. (2023). Penggunaan Model Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Siswa Kelas V SD 1 Peganjaran. Jurnal Basicedu, 7(4), 2145–2153. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5678

Nurmajumitasari, N. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi FPB dan KPK di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 299–306. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.3077

Rohmah, M., Hilyana, F. S., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD melalui Metode Jarimatika. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 1101–1111. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3425

Sabiela, R. N., Permadani, R. A., & Ermawati, D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran CTL Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(2), 191–198. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.2.191-198

Supriatna, Y., Noornia, A., Deasiyanti, D., & Lamria, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Model Pembelajaran Konvensional dengan Konsep Diri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Visipena, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.502

Tahir, T., & Marniati, M. (2022). Penerapan LKPD Berbasis Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 83–92. https://doi.org/10.21580/square.v4i2.12345

Tarigan, J. N. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IIA SD Widiatmika. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 482–492. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i2.711

Toheri, T., Winarso, W., & Haqq, A. A. (2020). Where Exactly for Enhance Critical and Creative Thinking: The Use of Problem Posing or Contextual Learning. European Journal of Educational Research, 9(2), 877–887. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.877

Wulandari, D. H. (2023). Efektivitas Model Contextual Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 1(1), 188–194. https://doi.org/10.30651/proc.v1i1.18901

Downloads

Published

2025-12-28

Most read articles by the same author(s)