Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi metakognitif dan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah treatment by level 2×2 dengan menerapkan dua perlakuan yaitu: strategi metakognitif pemecahan masalah dan strategi metakognitif mengulang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII MTs Swasta yang terakreditasi A se-kabupaten Tangerang, dengan jumlah sampel 128 siswa dari beberapa kelas VII MTs Daar El Qolam 1 dan MTs Daar El Qolam 4 di Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dan uji-t. Temuan hasil penelitian adalah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pemecahan masalah lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan strategi mengulang, terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi metakognitif dan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan strategi metakognitif mengulang lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan strategi metakognitif pemecahan masalah, kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, kemampuan penalaran kelompok siswa yang belajar menggunakan strategi metakognitif pemecahan masalah lebih rendah dari kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan strategi metakognitif mengulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi metakognitif ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan penalaran matematis siswa secara optimal khususnya pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi.

Keywords

Strategi Metakognitif Kemampuan Awal Kemampuan Penalaran

Article Details

How to Cite
Juniawan, E. A. (2020). Pengaruh Strategi Metakognitif Dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa: (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs se-Kabupaten Tangerang). Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 51–65. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i1.2423

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.