Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691Keywords:
Gender, Mathematical Literacy Ability, Problem Solving Ability and Reciprocal TeachingAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa setalah mendapatkan pembelajaran bila ditinjau berdasarkan gender. Metode penelitian ini menggunakan mix method tipe embedded design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Plumbon Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes berupa soal uraian kemapuan literasi dan pemecahan masalah matematik, dan non tes berupa observasi dan wawancara kemapuan literasi dan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan, diantaranya:(1) kemampuan literasi matematik siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki pada pembelajaran yang menggunakan Reciprocal Teaching dan kelas konvensional; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki pada kelas Reciprocal Teaching dan kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan tidak lebih baik daripada siswa laki-laki pada kelas konvensional. Kata Kunci: Gender, Kemampuan Literasi Matematik, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Reciprocal Teaching Abstract The purpose of this study was to determine students' mathematical literacy abilities, mathematical problem-solving abilities after learning based on gender and to know the differences in increasing literacy skills and mathematical problem solving after receiving Reciprocal Teaching learning. This research method uses the embedded design mix method type. The sample of this research was all students of class X SMAN 1 Plumbon Cirebon Regency, West Java. The instrument in this study consisted of tests in the form of descriptions of literacy skills and mathematical problem solving, and non-tests in the form of observations and interviews of students' literacy skills and problem solving. Based on the results of data processing it can be concluded, including: (1) female students' mathematical literacy skills are better than male students in learning using reciprocal teaching and conventional classes; (2) The ability of female students to solve mathematical problems is better than that of male students in the reciprocal teaching class and the problem solving abilities of female students are not better than that of male students in the conventional class. Keywords: Gender, Mathematical Literacy Ability, Problem Solving Ability and Reciprocal TeachingDownloads
References
Amir, Z. MZ. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal
Perempuan, Agama dan Gender, Vol. 12(1), 14-15.
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/marwah/article/view/511/491
Fatma Ramadanti dan Heni Pujiastuti. (2020). Pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.
(2), 242-248.
http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11625
Fuadi, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Berdasarkan
Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi tidak
dipubliksikan, Bandung, Universitas Pasundan Bandung.
Jayanti, E, Budi Waluya & Ani Rusilowati. (2014). Analisis pembelajaran dan literasi
matematika serta karakter siswa materi geometri dan pengukuran. Unnes Journal of
Mathematics Education Research, 3(2), 80-83.
Johar, R. 2012. “Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika”. Jurnal Peluang. Vol. 1(1), 30-
Juhartutik. (2015). Menjadi guru Matematika Kreatif dan berwawasan karakter. Diambil dari
Journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/arti cle/view/1242/1287.
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME)
Vol. 11 No. 1, Mei 2021, hal. 65-77
DOI 10.5035/pjme.v11i1.3691
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme
Mahdiansyah, M. & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah:
analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks indonesia. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20(4), 452-469.
Mahdiansyah & Rahmawati. (2013). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis
Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia1. Badan Penelitian dan
Pengembangan: Kemdikbud
Maulani, D., Suyono & Noornia, A. (2017). Pengaruh penerapan model reciprocal teaching
terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-concept siswa di SMAN
kecamatan Tambun Selatan Bekasi. JPPM, Vol. 10(2), 14-23.
Nizham, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematiks, Self Efficacy dan
Mereduksi Kecemasan Matematis dengan Pembelajaran Model Treffinger pada Siswa
SMA. Tesis tidak dipubliksikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
OECD. (2007). PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World. Executive Summary. Vol.
OECD, 2016. PISA 2015 Results in Focus. OECD Publishing
OECD. (2010). PISA (2009). Results: What Students Know and Can Do – Student
Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume I).
http://dx.doi.org/10.1787/9789264091450-en
Pratiwi, W. (2019). Optimalisasi pendekatan saintifik dengan pembelajaran inkuiri untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis di madrasah ibtidaiyah. INSANIA : Jurnal
Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 174–191.
https://doi.org/10.24090/insania.v23i 2.2289
Rifki, M., Pramudya, I., & Kurniawati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran reciprocal
teaching dengan metode drill untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
matematika siswa kelas xi ipa 3 sma negeri 1 ngemplak boyolali tahun ajaran
/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(4), 252-258.
https://doi.org/10.20961/jpmm%20s olusi.v2i4.22686
Riau, Budi E.S & Iwan Junaedi. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik
siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of
Mathematics Education Research , 5(2), 166-167.
Susanti, Y. S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Tesis tidak
dipubliksikan, Bandung, Universitas Pasundan Bandung.
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME)
Vol. 11 No. 1, Mei 2021, hal. 65-77
DOI 10.5035/pjme.v11i1.3691
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme
Vendiagrys, L., Iwan Junaedi & Masrukan. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah
matematika soal setipe timss berdasarkan gaya kognitif siswa pada pembelajaran
model problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 31