Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika dengan modul dalam penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menuangkan seberapa efektifkah instruksi dan desain permasalahan matematika yang tertuang dalam soal matematika terhadap tingkat pemahaman konsep dan penalaran peserta didik. Guru perlu mengkaji preferensi belajar setiap peserta didik dengan memberikan pengajaran yang berbeda (differentiated  instruction) pada setiap pembelajaran matematika yang diberikan di kelas. Penentuan desain instruksi dan penyajian soal dalam matematika merupakan kunci awal sebagai usaha guru meningkatkan kualitas dan penalaran peserta didik. Tesis ini membahas rancangan penyajian instruksi dan soal yang bervariasi pada kompetensi Sistem Persamaan Linear di level SMK. Penulisan berfokus pada bagaimana membuat instruksi dan desain soal dengan modul untuk meningkatkan pemahaman konsep variabel, prinsip mengubah bentuk, menafsirkan permasalahan dan model ke dalam sistem persamaan linear serta meningkatkan penalaran dan kelancaran berprosedur. Setiap peserta didik dapat memilih instruksi sesuai dengan minat, potensi yang dimiliki, keberagaman kecerdasan (multiple intelligences) dan aspek lain dari keunikan peserta didik.

Keywords

Modul differentiated instruction variasi individu

Article Details

How to Cite
Rokhayah, L. (2020). Desain Instruksi Dan Soal Dengan Matematika Sesuai Variasi Individu Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 53–63. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2509

References

Read More

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.