Efektivitas Pendekatan Somatik, Audio, Visual, Dan Intelektual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan

Authors

  • Tajudin .
  • Fiki Alghadari
  • Ahmad Jauhari Hamid Rifki

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2653

Keywords:

Somatik, Audio, Visual, Intelektual, Pecahan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya pendekatan somatik, audio, visual, dan intelektual (SAVI) dalam meningkatkan hasil belajar pecahan. Fokus penelitian pada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dengan pendekatan SAVI dan pendekatan konvensional. Penelitian ini dengan metode kuantitatif, quasi eksperimen, dan disain kelompok kontrol hanya postes. Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes berbentuk uraian yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji perbedaan rata-rata dua kelompok pembelajaran atau uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelompok pendekatan SAVI lebih baik dari pada siswa kelompok pendekatan Kvsl. Pendekatan SAVI efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya hasil belajar pecahan. Pendekatan SAVI merupakan salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, M.J.Z., et al. 2011. Learning Styles and Overall Academic Achievement in a Specific Educational System. International Journal of Humanities and Social Science, I(10): 143-152.

Alghadari, F. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, XIII(2): 164-171.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Deporter, B., dkk. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Gilakjani, A.P. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education. II(1): 104-113.

Gloria, C. C. 2015. Mathematical Competence and Performance in Geometry of High School Students. International Journal of Science and Technology. V(2): 53-69.

Guler, G. dan Ciltas, A. 2011. The Visual Representation Usage Levels of Mathematics Teachers and Students in Solving Verbal Problems. International Journal of Humanities and Social Science I(11): 145-154.

Meier, D. 2002. Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.

Pallapu, P. 2007. Effects of Visual and Verbal Learning Styles on Learning. Institute for Learning Styles Journal. I: 34-39.

Ruseffendi, E.T. 2010. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Noneksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sobel, Max A dkk. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Steedly, K., et al. 2008. Effective Mathematics Instruction. National Dissemination Center for Children with Disabilities. III(1): 1-12.

Sukmawarti. 2014. Pengaruh Permainan Domino terhadap Keterampilan Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SD Swasta PAB 23 Patumbak II Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama, Sains, Teknologi dan Seni. XII(2): 2-9.

Warta dan Irawati, R. 2010. Alternatif Pembelajaran dengan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD/MI terhadap Materi Membandingkan Pecahan Sederhana. Jurnal Pendidikan Dasar. I(14): 1-8.

Wirda, E., dkk. 2015. Pengebangan Design Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktik Matematika. II(1): 33-45.

Yuliastiono, D.R., dan Sedyawati, S.M.R. 2013. Pembelajaran Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Media Compact Disc Interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. VII(2): 1167-1176.

Published

2020-05-26