Mengkonstruksi Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori Bruner Pada Siswa Smp Muhammadiyah Kota Ternate

Authors

  • Wahid Umar

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2452

Keywords:

pembelajaran, operasi pecahan, teori Bruner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi pembelajaran matematika dalam upaya membantu siswa SMP Muhammadiyah Kota Ternate dalam mempelajari operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda. Pembelajaran dirancang dengan berorientasi pada teori Bruner, dimana siswa belajar pecahan dan operasinya melalui 3 tahapan penyajian yaitu: tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika (sebagai pengamat) dan 3 orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Ternate yang ditetapkan sebagai fokus dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tindakan pembelajaran. Tindakan pembelajaran pertama tentang konsep pecahan. Pembelajaran kedua tentang konsep pecahan senilai. Pembelajaran ketiga tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dengan penyebut pecahan yang satu merupakan faktor dari penyebut pecahan yang lain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peneliti membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mempelajari operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda telah berhasil. Subjek penelitian memperoleh pemahaman yang baik dalam mempelajari materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda. Hal ini terlihat dari hasil tes formatif setiap akhir tindakan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan pemahaman mencapai rerata sebesar 94%. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryana, M. (2000). Penerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Pecahan Di Sekolah Dasar. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional PPS UM Malang, 4 April.

Askury, (1998). Pemanfaatan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Bilangan Pecahan Bagi Siswa SD. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional PPS UM Malang, 4 April

Bendall, S. & Galili, I.1993. Prospective Elementary Teacher Prior Knowledge About Light. Journal of Research in Science Teaching, 30 (9): 169-187.

Bezuk, N. & Cramer, K. (1989). Teaching about fractions: what, when and how? In: New Directions for Elementary School Mathematics. Trafton, P. R. & Schulte, A. P. (editors) Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Depdiknas. (2004). Buku Pedoman Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta.

D’Augustine C. Dan Smith C.W. (1992). Teaching Elementary School Mathematcs. Ohio UnVersity, Athens: Harper Collins Publisher

Hudojo, H.(1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: Jakarta: Depdikbud

Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: UnVersitas Negeri Malang (UM Press)

Milles, M.B. & Huberman, A.M.(1992). Analisa Data kualitatif. Terjemahan oleh Tjejep Rohedi. Jakarta: UnVersitas Indonesia Press.

Peter, S. (1992). GognitVe Develompment To Day. Piaget and His Critics, Paul Chaption Publishing LTD London.

Post, T. (1992) Teaching Mathematics in Grade K-8 Research-Basedmethods. Second Edition. USA: Ally and Bacon

Ruseffendi, E.T. (1994). Pengajaran Matematika SD Untuk Setara DII PGSD. Bandung: Tarsito.

Slavin, R.E. (2000). Education Psyhology. Sixth Edition. Baston: Allyn and Bacon

Sortino, C.. 2003. The comic of Clamat’: the use of a comic as a linguistic mediator. The Mathematics Education into the 21st Century Project. Proceedings of the International Conference. http://www.math.unipa.it/~grim/21_project/21_brno03_sortino.pdf] (diakses 2 Pebruari 2008)

Subanji.,dkk. (1993). Identifikasi Jenis-Jenis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Yang Dilakukan Peserta Didik Kelas II Program A1 SMA Negeri Se- kotamadya Malang Tahun Ajaran 1992/1993. Tidak Dipublikasikan. Laporan Hasil Penelitian Puslit IKIP Malang.

Suherman Erman, dkk., (2003) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia

Sutawidjaja, A. (2002). KonstruktVime Konsep dan Implikasinya terhadap Pembelajarannya. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XI. Malang. UnVersitas Negeri Malang

Published

2020-04-27